Home » News » Pelaksanaan Asian Games 2018 Bikin Wartawan Vietnam Kagum

Pelaksanaan Asian Games 2018 Bikin Wartawan Vietnam Kagum



Palembang – Sejak pembukaan pada 18 Agustus 2018, Asian Games 2018 Jakarta-Palembang tinggal satu hari lagi. Penutupan Asian Games 2018 rencananya akan kembali berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (2/9/2018).

Pelaksanaan Asian Games 2018 Bikin Wartawan Vietnam Kagum

Penyelenggaraan acara olahraga berskala internasional turut mengundang para wartawan asing untuk meliput. Salah satunya adalah wartawan cantik asal Vietnam, Nguyen Thi Viet.

Baca juga : Dibegal, Mahasiswi Ini Mengalami Koma

Dua minggu meliput di Indonesia, Thi Viet pun mengungkapkan kesan-kesannya. “Saya kasih bintang lima untuk usaha pemerintah Indonesia,” kata Thi Viet saat diwawancara di sela-sela liputan.

Thi Viet menambahkan, Indonesia sudah berusaha maksimal untuk menyelenggarakan Asian Games. Menurutnya, hasil ini sudah yang terbaik mengingat waktu singkat yang didapat untuk mempersiapkan Asian Games 2018.

“Usaha yang luar biasa dari segi organisasinya karena mereka ambil saat Hanoi mundur sebagai tuan rumah,” kata Thi Viet.

“Ada sedikit keluhan soal keamanan, tetapi secara umum ini usaha yang besar,” kata Thi Viet menambahkan.

Thi Viet mengaku ini adalah kali pertama ia bertugas di Indonesia khususnya Palembang. Meskipun demikian, Thi Viet mengaku bisa beradaptasi cepat dengan cuaca panas kota Palembang.

“Cuacanya mirip seperti di Hanoi. Saya familiar dengan cuaca seperti ini. Saya pikir tidak masalah bagi saya,” katanya.

Terkait makanan, Thi Viet pun telah mencoba berbagai makanan khas Indonesia. Salah satunya tentu saja adalah pempek, makanan khas kota Palembang.

“Saya suka. Itu seperti banh chung, makanan tradisional Vietnam. Saya mendapatkan pempek dari salah satu relawan di sini,” kata Thi Viet.

Secara umum, kata Thi Viet, makanan Indonesia mirip dengan makanan India yang pedas dan penuh kuah. Ia pun mengaku punya makanan favorit berupa sup ikan.

“Saya lupa namanya. Saya mendapatkannya setiap hari di hotel, sup ikan dengan kuah,” kata Thi Viet.

Thi Viet mengaku memiliki keinginan untuk kembali ke Indonesia. Pulau Dewata menjadi tujuannya jika mengunjungi Tanah Air lagi.

“Saat Asian Games, saya tidak punya banyak waktu untuk jalan-jalan. Jika kembali, saya ingin ke Bali,” kata Thi Viet mengakhiri.

(Png – sisidunia.com)