Home » Gaya Hidup » Golongan Darah Bisa Diubah Dengan Enzim Bakteri Ini

Golongan Darah Bisa Diubah Dengan Enzim Bakteri Ini



Jakarta – Golongan darah seseorang pada umumnya akan tetap sama seumur hidup. Namun beberapa hal diketahui bisa mengubah golongan darah, misalnya saja enzim dari bakteri Streptococcus pneumoniae yang biasa hidup di saluran napas.

Golongan Darah Bisa Diubah Dengan Enzaim Bakteri Ini

Ilustrasi

Para peneliti dari University of British Columbia baru-baru ini menemukan cara bagaimana enzim dari Streptococcus pneumoniae bisa mengubah semua golongan darah menjadi O. Salah satu peneliti, Stephen Withers menjelaskan enzim bekerja dengan menghapus tanda-tanda biologis pada sel darah merah.

Baca juga : Pemerintah Sorot Penyakit Menular di Papua Bara

Dalam uji laboratorium enzim bernama 98 glycoside hydrolase ini berhasil mengubah sel darah merah golongan A menjadi 0.

Tanpa ada tanda biologis maka sel darah merah A menjadi netral dapat diterima oleh pasien golongan darah manapun. Sistem imun seseorang akan mengidentifikasi sel darah merah tersebut sebagai golongan O dan tidak akan menyerangnya.

Cara ini, kata Stephen, kemungkinan bisa jadi solusi untuk masalah kekurangan donor darah. Donor bergolongan darah O memang selalu dicari karena darahnya bisa ditransfusikan tanpa masalah pada pemilik golongan A, B, dan AB.

“Saya optimis kita memiliki kandidat untuk menyesuaikan darah donor menjadi tipe umum yang bisa diterima semua orang,” kata Stephen seperti dikutip dari BBC, Selasa (28/8/2018).

“Tentu masih perlu banyak uji klinis untuk memastikan tidak ada efek sampingnya, tapi ini cukup menjanjikan,” pungkasnya.

(Png – sisidunia.com)