Home » Travel & Kuliner » Begini Cara Simpan Daging Qurban Agar Tetap Segar

Begini Cara Simpan Daging Qurban Agar Tetap Segar



Jakarta – Seperti perayaan Lebaran Idul Fitri, Hari Raya Lebaran Haji juga dilakukan sangat meriah. Dalam suasana perayaan seperti ini, tak luput dari yang namanya aneka hidangan enak serba daging. Baik itu daging sapi ataupun daging kambing.

Begini Cara Simpan Daging Qurban Agar Tetap Segar

Ilustrasi

Nah, berhubung akan banyak sekali stok daging. Maka mengetahui bagaimana cara menyimpan daging yang tepat agar bisa tahan lama sekaligus tidak berbau itu, penting untuk diketahui bukan? Akan sangat disayangkan jika daging-daging kurban besok harus dibuang begitu saja, karena tidak bertahan lama hanya karena salah cara penyimpanan.

Baca juga : Sopir Sedan Bestiker TNI Yang Pukul Bocah SMP Ternyata Bukan Anggota

Daging mentah sendiri biasanya jika disimpan di dalam lemari es, disebutkan akan aman disimpan dan dikonsumsi dalam jangka waktu tiga hari. Namun, jika berencana untuk tetap membuat awet daging merah mentah ini, maka membekukannya di frezeer jadi pilihan cara yang terbaik agar bisa awet selama beberapa bulan.

Dalam menyimpan daging di dalam freezer, cara pertama ialah memperhatikan soal kemasan. Masukkan daging dalam kemasan paket kedap udara, saat mengemas daging untuk freezer yang terpenting adalah melindungi daging dari paparan udara. Maka dari itu, wajib untuk membungkus daging dengan sangat erat di dalam bungkus plastik atau kertas pembeku, tekan bungkusan ke permukaan daging. Selanjutnya, bungkus lagi lapisan aluminium foil di sekitar daging atau segel di dalam tas freezer zip-top ( zip-top freezer bag).

Penyimpanan yang tepat agar daging awet dan juga tak bau, bukan hanya soal memperhatikan kemasan, akan tetapi juga suhu temperatur kulkas. Disebutkan lebih lanjut, sebisa mungkin jaga freezer Anda sedekat mungkin dengan suhu 0 derajat F atau kurang lebih -17,8 derajat Celcius. Mengapa? Karena cara ini membantu mempertahankan nutrisi dan menjaga makanan tetap segar. Sementara itu, jaga suhu kulkas Anda sekitar 34 derajat F atau sekira 1,1 derajat Celcius, tepat di atas titik beku, untuk memperpanjang umur simpan makanan secara efektif.

Pada umumnya jika daging sudah dimasak maka harus disimpan di kulkas dengan posisi terpisah dari daging mentah dan makanan siap santap lainnya. Demikian sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber.

(Png – sisidunia.com)