Home » News » Gempa 6,7 Guncang Wilayah Vanuatu

Gempa 6,7 Guncang Wilayah Vanuatu



Vanuatu – Gempa bumi berkekuatan 6,7 Skala Richter (SR) terjadi di Vanuatu hari ini. Tak ada menimbulkan dampak tsunami akibat gempa di negara di Kepulauan Pasifik tersebut.

Gempa 6,7 Guncang Wilayah Vanuatu

Ilutrasigempa

Gempa bumi terjadi pada kedalaman 30 kilometer dengan pusat gempa berada Rabu (22/8/2018) pagi waktu setempat, dengan pusat gempa tak jauh dari ujung utara pulau Ambrym yang jarang penduduknya.

Baca juga : Seorang Pelajar SD Tewas Tenggelam di Sungai Bengawan Solo

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik menyatakan tak ada risiko tsunami terkait gempa yang terjadi pada Rabu (22/8/2018) pagi waktu setempat. Sejauh ini belum ada laporan korban maupun kerusakan akibat gempa.

“Getaran semestinya dirasakan di seluruh Vanuatu,” kata Eddie Leask, ahli seismologi Geoscience Australia seperti dikutip kantor berita AFP, Rabu (22/8/2018).

“Namun sulit untuk mengatakan apakah itu akan menyebabkan kerusakan. Ini cukup dangkal tetapi semuanya tergantung pada bangunan, jenis tanah dan sebagainya,” imbuhnya.

Kantor Manajemen Bencana Vanuatu menyatakan belum mengetahui adanya kerusakan akibat gempa ini.

Vanuatu dianggap sebagai salah satu negara paling rentan bencana. Negara tersebut berada di atas apa yang dinamakan “Cincin Api Pasifik”, sehingga menjadikannya rentan akan gempa berkekuatan besar dan letusan gunung berapi. Badai dahsyat juga kerap melanda negara kepulauan tersebut.

Sebelumnya pada tahun 2017, gempa 7 SR juga mengguncang Vanuatu tanpa menimbulkan kerusakan berarti.

(Png – sisidunia.com)