Home » News » Karena Kasus Prostitusi, 4 Atlet Basket Jepang Dipulangkan

Karena Kasus Prostitusi, 4 Atlet Basket Jepang Dipulangkan



Jakarta – Empat atlet bola basket asal Jepang yang tengah berlaga di Asian Games 2018 di Jakarta harus dipulangkan ke negara asalnya. Hal itu dilakukan Komite Olimpiade Jepang (JOS) sebagai hukuman lantaran keempat pebasket itu diketahui melanggar aturan dengan mengunjungi tempat prostitusi di Jakarta.

Karena Kasus Prostitusi, 4 Atlet Basket Jepang Dipulangkan

Atlet Basket Jepang

Keempat pemain tersebut ialah Yuya Nagayoshi (27), Takuya Hashimoto (23), Takuma Sato (23), dan Keita Imamura (22). Ketua delegasi Jepang, Yasuhiro Yamashita, yang mengonfirmasi kabar tersebut mengatakan bahwa tindakan tegas langsung diberikan kepada empat pemain tersebut setelah terlihat mengunjungi sebuah tempat prostitusi terkenal di Jakarta pada Rabu 15 Agustus 2018 malam WIB dengan mengenakan seragam Timnas Basket Jepang. Hal ini dilakukan tepat setelah Jepang meraih kemenangan atas Qatar dengan skor 82-71.

Baca juga : Seorang Siswa Dianiaya Oleh Senior di Sekolah Polisi

“Tindakan ini melanggar kode etik tim nasional dan itu mengkhianati harapan warga Jepang. Sebagai kepala delegasi, saya sangat menyesalkan tindakan tersebut dan saya sangat meminta maaf dari lubuk hati saya,” kata Yamashita, sebagaimana diwartakan Kyodo News, Senin (20/8/2018).

Akibatnya, status keanggotaan mereka dari Tim Nasional (Timnas) Basket Jepang pun resmi dicabut pada Minggu 19 Agustus 2018. Nagayoshi dan ketiga temannya langsung dikirim pulang ke Negeri Sakura –julukan Jepang– pada Senin (20/8/2018) pagi.

Dalam serentetan skandal yang telah mencoreng citra dunia olahraga Jepang dalam beberapa bulan terakhir, kasus ini merupakan yang terbaru. Kini, Timnas Basket Putra Jepang pun hanya menyisakan delapan pemain dan akan terus berpartisipasi dalam turnamen Asian Games 2018. Tidak akan ada pengganti untuk empat pemain yang telah dipulangkan tersebut.

(Png – sisidunia.com)