Home » Hiburan » Inilah Aksi Anya Geraldine Dengan Bendera Robek Yang Tuai Kontroversi

Inilah Aksi Anya Geraldine Dengan Bendera Robek Yang Tuai Kontroversi



Jakarta – Kembali menjadi perbincangan publik, selebgram Anya Geraldine. Ikut merayakan kemerdekaan Indonesia dengan mengunggah bendera Merah Putih di Instagramnya, unggahan ini nyatanya menuai kontroversi.

Inilah Aksi Anya Geraldine Dengan Bendera Robek Yang Tuai Kontroversi

Anya Geraldine

Anya Geraldine mengunggah foto Bendera Merah Putih dalam keadaan sobek. Selebgram yang saat ini sedang menjalin hubungan dengan Bio One itu berpose di bawah bendera yang dikibarkan di tepi laut, dengan mengenakan dress hitam.

“Barang siapa yang merdekanya hobi julid, kita mah yang julidin tetep merdeka hidupnya. #DirgahayuIndonesia #just kiddin,” tulis Anya Geraldine pada keterangan foto tersebut.

Sepertinya kali ini, warganet sedang tidak menghujat Anya Geraldine. Mereka lebih kritis mengomentari soal bendera robek yang tidak seharusnya diunggah olehnya.

Bahkan seorang pengguna Instagram bernama @misscani pun menyertakan sebuah pasal Undang-Undang yang melarang mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam. Larangan tersebut diatur dalam pasal 24 c, berbunyi:

“Setiap orang dilarang mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam,”

Beberapa hal yang patut dicermati dalam UU Nomor 24 Tahun 2009 terutama dalam hal tindak pidananya:

Pasal 24 a jo Pasal 66

Setiap orang dilarang: (a) merusak, merobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Bendera Negara dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00

Baca juga :ย Bocah Pemanjat Tiang Bendera Ternyata Idolakan Via Vallen

Pasal 24 b atau c atau d atau 3 jo Pasal 67

Setiap orang dilarang: (b) memakai Bendera Negara untuk reklame atau iklan komersial; (c) mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam;

(d) mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain dan memasang lencana atau benda apapun pada Bendera Negara; dan (e) memakai Bendera Negara untuk langit-langit, atap, pembungkus barang, dan tutup barang yang dapat menurunkan kehormatan Bendera Negara dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 tahun dan denda paling banyak Rp. 100.000.000,00.

Berdasarkan tindak pidananya, Anya geraldine ini bisa dikenakan denda paling banyak Rp 100.000.000 hingga kurungan penjara paling lama satu tahun.

Sampai saat ini, Anya geraldine belum memberi tanggapan atau klarifikasi akan kontroversi foto tersebut.

(Png – sisidunia.com)