Home » Gaya Hidup » Berikut Tips Agar Tinggi Anak Bisa Optimal

Berikut Tips Agar Tinggi Anak Bisa Optimal



Jakarta – Tinggi badan orang tuanya menentukan potensi tinggi badan anak. Sehingga ada batas bawah dan batas atas dari kemungkinan tinggi badan yang didapat anak. Nah, berikut caranya agar anak bisa memiliki tinggi badan yang optimal.

Berikut Tips Agar Tinggi Anak Bisa Optimal

ilustrasi

Dijelaskan dr Faisal Miraj SpOT dari Divisi Ortopedi Anak RS Pondok Indah-Bintaro Jaya, potensi genetik bisa dicapai dengan kalau lingkungannya mendukung yaitu asupan makanan dengan gizi seimbang dan aktivitas fisik yang cukup.

Baca juga : 5 Kasiat Meminum Air Hangat Secara Rutin

“Asupan gizi mesti seimbang ada kalsium, vitamin D3, protein, vitamin dan rangsangan lain berupa aktivitas fisik. Jangan sampai anak kebanyakan dia atau malah berlebihan geraknya, itu bisa berakibat buruk pada tulang anak, bukan malah merangsang,” kata dr Faisal waktu ngobrol dengan HaiBunda.

Untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang anak kita juga perlu berupaya menghindarkan anak dari penyakit atau trauma. Kadang, asupan gizi dan aktivitas fisik anak bagus tapi ketika dia jatuh atau terkena penyakit yang menyebabkan infeksi sampai merusak lempeng pertumbuhan, akhirnya rusak pula pola pertumbuhan tulang anak jadi bengkok atau pendek sebelah.

Untuk aktivitas fisik, kata dr Faisal yang penting frekuensi dan durasinya jangan berlebihan. Untuk jenisnya pasti disesuaikan dengan umur. Misalnya berenang boleh banget dilakukan anak karena prinsipnya olahraga itu merangsang semua sendi bergerak.

“Aktivitas fisiknya juga nggak menggunakan beban banyak. Yang bermain tarikan urat sekitar sendi saat bergerak dan itu yang bagus. Cuma memang tulang tumbuh karena dibebani dan ada tarikan, jadi dua-duanya mesti dikerjain tuh. Yang penting jangan kelelahan atau over, nggak bagus juga,” tambah dr Faisal.

(Png – sisidunia.com)