Home » Gaya Hidup » Begini Cara Atasi Si Kecil Menggigit Saat Menyusu

Begini Cara Atasi Si Kecil Menggigit Saat Menyusu



Jakarta – Salah satu tantangan bagi ibu menyusui adalah puting payudara digigit anak saat si kecil mulai tumbuh gigi. Pasti sakit banget ya.

Begini Cara Atasi Si Kecil Menggigit Saat Menyusu

Ilustrasi

Menurut Ketua Satgas ASI Indonesia dr Elizabeth Yaomi, SpA, cara ampuh agar bayi nggak menggigit puting saat menyusu adalah dengan komunikasi. Komunikasi ini nggak melulu verbal lho, Bun.

Baca juga : Makanan dan Minuman Ini Mampu Membuat Anda Cepat Tua

“Kalau kita melotot dia akan mengerti. Yang penting komunikasi,” ujar perempuan yang akrab disapa dr Yaomi ini.

Menurut dr Yaomi, dengan cara dipelototin anak akan berhenti dan tidak menggigit puting payudara kita saat menyusu. Selain itu anak juga harus dikasih tahu bahwa saat puting payudara digigit, maka ibu akan kesakitan.

Biasanya nih, Bun, bayi menggigit puting payudara ibunya saat menyusu karena merasa gatal di gusi. Maklum ya, giginya baru pada tumbuh.

Tapi nggak melulu tumbuh gigi, bisa saja ada penyebab lain yang harus kita pastikan. dr Asti Praborini, SpA, IBCLC dari RS Permata Depok menuturkan proses menyusu yang kurang nyaman juga bisa membuat bayi mencari perhatian dengan menggigit puting payudara. Demikian dikutip dari detikHealth.

Bisa jadi juga penyebabnya adalah karena kelainan anatomi di dalam mulut bayi, sehingga bayi tidak nyaman dan ‘protes’ dengan cara menggigit. Atau bisa jadi juga nih, pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) kurang tepat untuk usianya, sehingga bayi tidak puas makan dan masih ingin menggigit-gigit.

Untuk awalnya, berkomunikasi dengan bayi memang cara terampuh mengatasi bayi yang suka menggigit puting saat menyusu. Tapi jangan lupa juga ya, Bun, mencari akar permasalahannya untuk solusi paling tepat.

Untuk puting payudara yang sakit, dr Yaomi mengatakan bisa diolesi dengan ASI. Bisa juga konsultasi ke klinik laktasi untuk mendapatkan salep khusus untuk lecet puting.

(Png – sisidunia.com)