Home » Gaya Hidup » Makanan dan Minuman Ini Mampu Membuat Anda Cepat Tua

Makanan dan Minuman Ini Mampu Membuat Anda Cepat Tua



Jakarta – Perlu Anda jika makanan dan minuman juga mampu memunculkan tanda-tanda penuaan pada tubuh dan kulit. Penelitan telah menghubungan banyak penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan peradangan dengan penuaan.

Makanan dan Minuman Ini Mampu Membuat Anda Cepat Tua

Ilustrasi

Saat bertambah tua, kemampuan tubuh untuk melawan hal-hal berbahaya seperti bakteri dan penyakit tertentu akan menurun. Dilansir dari huffingtonpost.com, Kamis (19/7/2018), berikut ini beberapa makanan yang harus berhenti Anda konsumsi manakan dan minuman ini.

Baca juga : Kenali Gejala Kanker Payudara Sejak Dini

1. Alkohol

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan sulit menangani alkohol. Kepekaan tubuh akan alkohol akan meningkat seiring bertambahnya usia karena kadar air yang juga lebih rendah di dalam tubuh.

Kemampuan hati untuk mendetoksfikasi akan berkurang dan alkohol akan memperburuk keadaan tersebut. Alkohol dapat mengeringkan kulit.

Sebagai gantinya, cobalah mengonsumsi air lemon. Air lemon diketahui dapat membantu pencernaan, menghidrasi, dan sebagai antioksidan yang melindungi sel tubuh dari kerusakan yang menyebabkan penuaan.

2. Makanan yang diproses

Makanan yang dikemas dan diproses, terutama yang mengandung bahan-bahan tambahan tidak mengandung nilai gizi apa pun bagi tubuh. Tubuh tidak mengetahui cara yang tepat untuk mengelola makanan yang diproses.

Sebagai gantinya, cobalah konsumsi lemak sehat dari alpukat. Alpukat dapat membuat Anda tetap merasa kenyang dengan kandungan serat dan antioksidannya.

3. Pemanis buatan

Pemanis buatan sering kali disebut sebagai label bebas gula pada berbagai produk. Tubuh tidak memahami bagaimana caranya memecah bahan kimia ini, seringkali menyebabkan efek samping yang tidak menyenangkan jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah besar, seperti kembung dan gas.

Jika ingin menggantikan pemanis buatan, cobalah mengonsumsi yogurt dan buah. Yogurt mengandung kalsium tinggi yang dapat mencegah osteoporosis, sedangkan buah kaya akan vitamin C dan antioksidan.

4. Susu

Tingkat laktosa bisa turun seiring bertambahnya usia, menyebabkan tingkat intoleransi laktosa. Laktosa adalah enzim yang membantu tubuh mencerna produk susu dan intoleransi dapat menyebabkan peradangan.

Sebaiknya mulai sekarang Anda mulai memperbanyak konsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau adalah paket lengkap dari vitamin, nutrisi, dan senyawa anti-peradangan untuk melawan kerusakan sel.

(Png – sisidunia.com)