Home » Gaya Hidup » Agar ASI Lancar Dan Berkualitas, 5 Sayuran Ini Perlu Dikonsumsi

Agar ASI Lancar Dan Berkualitas, 5 Sayuran Ini Perlu Dikonsumsi



Jakarta – Selain dibutuhkan ibu selama masa kehamilan, kebutuhan nutrisi yang juga diperlukan pada saat menyusui si kecil. Dari berbagai sumber nutrisi penting, salah satu yang tidak boleh terlewatkan adalah sayur-sayuran. Pasalnya, sayuran yang mengandung berbagai zat gizi penting yang dibutuhkan oleh ibu dan bayi. Berikut jenis sayuran apa yang harus dimakan ibu.

Agar ASI Lancar Dan Berkualitas, 5 Sayuran Ini Perlu Dikonsumsi

Ilustrasi

Sama seperti saat hamil, kebutuhan nutrisi Anda sebagai ibu menyusui juga tidak kalah besar, karena untuk memenuhi kebutuhan bayi dan diri sendiri. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu berusaha mencukupi kebutuhan nutrisi agar ASI lancar dan berkualitas.

Baca juga : Olahraga Rutin Mampu Menjaga Kesehatan Jantung

Selain itu, agar ASI lancar ada beberapa sumber makanan tertentu yang sebaiknya dikonsumsi oleh para ibu, salah satunya dari sayuran. Berikut ini beberapa pilihan sayur yang terbaik untuk ibu menyusui agar ASI lancar:

1. Bayam

Jika sebelumnya Anda pernah mengalami perdarahan setelah melahirkan, makan makanan sumber zat besi seperti bayam bisa menjadi solusinya. Bukan tanpa alasan, karena bayam dipercaya efektif untuk menambah kadar zat besi tubuh berkat kandungan zat besinya yang tinggi. Hal ini pun berlanjut di masa menyusui. Beberapa jenis sayuran hijau berdaun gelap, termasuk bayam, mengandung kaya akan nutrisi seperti kalsium, vitamin A, serta vitamin C yang baik untuk ibu dan bayi.

Bahkan, kandungan antioksidan dalam bayam dipercaya rendah kalori dan bisa menyehatkan jantung. Selain itu, fitoestrogen yang ada dalam bayam memiliki efek positif terhadap kelancaran produksi ASI.

2. Bawang putih

Selain bisa melezatkan cita rasa suatu masakan, ternyata bawang putih juga termasuk salah satu sumber galactagogue terbaik, yakni senyawa yang bisa membuat ASI lancar. Meski sebagian orang berpendapat bahwa jika sering makan bawang putih, maka bau bawang tersebut dapat memengaruhi ASI. Faktanya tidak selalu, karena makanan apapun yang Anda makan tidak akan mengganggu rasa alami dari ASI. Uniknya, suatu penelitian justru menunjukkan kalau makan bawang putih membantu bayi agar bisa menyusu lebih lama.

3. Wortel

Wortel memiliki dengan warna oranye yang cerah dan cantik. Sayuran yang terkenal dengan fungsinya untuk menyehatkan mata ini, kaya akan vitamin A, vitamin B1, vitamin K, serta kalium. Beta karoten merupakan antioksidan alami dalam wortel yang sangat dibutuhkan selama masa menyusui. Itu sebabnya, agar ASI lancar dan berkualitas baik, Anda bisa mengandalkan wortel sebagai sayuran yang harus ada di menu harian.

4. Brokoli

Brokoli tergolong dalam sayuran berwarna hijau gelap lainnya, sama layaknya seperti bayam. Sayuran yang satu ini juga diyakini bisa memperlancar produksi ASI, terlebih karena telah dilengkapi dengan vitamin A, vitamin C, zat besi, kalium, dan mangan. Yang terpenting, kandungan asam folat yang cukup tinggi pada brokoli berperan dalam membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang yang sehat pada bayi. Kandungan fitoestrogen yang tak kalah baik dalam sayur brokoli ternyata memiliki efek positif terhadap produksi ASI.

5. Daun katuk

Daun katuk memang sudah terkenal berkat popularitasnya dalam meningkatkan produksi ASI. Hal ini pun dibuktikan dengan terbitnya sebuah penelitian dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan RI, yang menyatakan bahwa pemberian ekstrak daun katuk pada ibu menyusui mampu memperbanyak sekaligus melancarkan produksi ASI, daripada ibu menyusui yang tidak mendapat ekstrak daun katuk. Kandungan dalam daun katuk meningkatkan produksi susu dan juga memberi Anda dan si kecil nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, zat besi, dan lainnya.

Pada intinya, penting untuk selalu makan makanan yang sehat selama masa menyusui. Tujuannya bukan hanya agar tubuh Anda bisa menjalankan tugasnya secara optimal, tapi juga supaya buah hati Anda mendapatkan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembangnya. Selain makan sayur, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dengan makan buah-buahan, lemak sehat, biji-bijian, dan berbagai sumber makanan sehat lainnya demi kualitas ASI yang baik.

(Png – sisidunia.com)