Home » Gaya Hidup » Berkut Ini Dampak Dari Rokok Pada Organ Dalam Tubuh

Berkut Ini Dampak Dari Rokok Pada Organ Dalam Tubuh



Jakarta – Kebanyakan perokok baik pasif maupun aktif hanya memahami merokok dapat menyebabkan penyakit jantung dan paru-paru. Namun merokok bisa menjadi risiko dari puluhan penyakit lainnya, dan tidak banyak orang yang tahu.

Berkut Ini Dampak Dari Rokok Pad Organ Dalam Tubuh

Ilustrasi

Hal ini dibuktikan pada survei yang dilakukan di Australia. Kurang dari sepertiga masyarakat Australia tahu bahwa merokok bisa menyebabkan penyakit lain seperti leukemia akut dan rheumatoid arthritis.

Baca juga : Beberapa Cara Agar Anak Betah di Rumah

Survei di atas termasuk dalam studi yang dipublikasikan dalam Medical Journal of Australia. Sebanyak 1.800 warga Australia terlibat, 8 dari 10 partisipan tahu mengenai penyakit paru, kanker tenggorokan dan mulut, penyakit jantung dan emfisema terkait dengan merokok.

Dalam survei tersebut ada 23 kondisi kesehatan yang disebabkan oleh merokok, namun berikut adalah daftar penyakit yang tidak banyak mereka ketahui:

Rheumatoid arthritis
Leukemia akut
Hamil di luar kandungan (ectopic pregnancy)
Diabetes
Kanker kandung kemih
Kebutaan
Disfungsi ereksi
Tukak lambung
Kanker ginjal
Kemandulan pada wanita

Lantas muncul pertanyaan, perlukah label peringatan pada bungkus rokok diperbaharui?

Salah satu peneliti, Dr Michelle Scollo dari Cancer Council Victoria, berharap adanya pembaharuan pada label peringatan di bungkus rokok, yang menunjukkan lebih banyak lagi risiko kesehatan akibat merokok lewat studi ini.

“Orang-orang perlu terus diingatkan tentang hal-hal seperti ini jika ingin mereka mengingatnya. Saya pikir kita membutuhkan banyak peringatan karena kita perlu memperingatkan orang-orang tentang risiko yang mereka hadapi,” tuturnya, dikutip dari ABC News.

Namun, penuturannya dibantah oleh salah satu peneliti yang tidak terlibat bernama Prof Dennis. Ia menyebut bahwa label peringatan yang ada kini sudah cukup untuk mengurangi jumlah perokok di Australia, sehingga ia meragukan bahwa memperbaharuinya akan memiliki dampak yang sama atau lebih.

Bagaimana dengan Indonesia? Beberapa waktu lalu Kementerian Kesehatan RI sudah mengganti tiga dari lima gambar peringatan dalam bungkus rokok karena disinyalir tidak efektif dalam mengurangi jumlah perokok.

Namun, usai melakukan riset, masih banyak orang yang tidak menyebut gambar-gambar tersebut seram atau bahkan efektif. Sementara, tulisan dalam label peringatan pun sudah lama diganti menjadi ‘Merokok Membunuhmu’ tanpa embel-embel rentetan penyakit yang dapat disebabkan oleh rokok.

(Png – sisidunia.com)