Home » Travel & Kuliner » Suhu Dingin, Kawasan Wisata Dieng Dihiasi Embun Salju

Suhu Dingin, Kawasan Wisata Dieng Dihiasi Embun Salju



Wonosobo – Akibat suhu udara di musim kemarau, kawasan wisata Dieng tengah dihiasi oleh embun salju. Namun, bagi wisatawan jangan senang dulu.

Suhu Dingin, Kawasan Wisata Dieng Dihiasi Embun Salju

Kawasan wisata Dieng

Banyak wisatawan yang datang ke kawasan wisata Dieng lantaran ingin melihat fenomena embun salju. Ketua Pokdarwis kawasan wisata Bukit Sikunir dan Telaga Cebong, Ngaizudin, telah memberikan instruksi bagi rekan di lapangan untuk membantu wisatawan yang datang.

Baca juga : 6 Hotel Ini Bertemakan Pesawat dan Helikopter

“Sudah dikasih tahu dulu. Kalau dipikir mau lanjut silakan, di homestay saja dingin apalagi di luar,” ujar Ngaizudin saat dihubungi detikTravel, Jumat (6/7/2018).

Seperti diketahui, kawasan Telaga Cebong dan Bukit Sikunir menjadi destinasi populer camping bagi wisatawan yang ingin melihat sunrise. Traveler pun harus punya persiapan lebih untuk menghadapi udara dingin.

Hal senada diungkapkan oleh salah satu pemandu pendaki di kawasan Gunung Prau, Elyas. Dihubungi terpisah oleh detikTravel, ia baru saja membawa wisatawan naik ke Prau pagi ini. Dijelaskan oleh Elyas, suhu tadi bahkan sampai minus 2 derajat celcius.

“Para wisatawan masih kuat (pendaki – red). Prau lebih dingin karena pengaruh anginnya lebih besar, tapi masih aman untuk pendakian,” jelas Elyas.

Rumput di Dieng yang diselimuti embun saljuRumput di Dieng yang diselimuti embun salju (istimewa)
Lebih lanjut Elyas mengungkapkan, para pendaki harus punya persiapan ekstra jika ingin tetap mendaki pada bulan-bulan ini yang cenderung dingin. Elyas pun menyebut sejumlah standar perlengkapan yang wajib dibawa.

“Tenda harus double layer, jaket kalau bisa bulu angsa, sleeping buat buat suhu udara minus, pakaian hangat, makanan dilebihin, minuman hangat, sepatu yang safety dan waterproof, kaus kaki, sarung tangan, sama penutup kuping,” jabar Elyas.

Para calon pendaki yang mau naik ke Prau pun disarankan untuk menggunakan jasa pemandu demi keamanan.

“Paling penting dengan jasa pemandu,” tutup Elyas.

Apabila ada di antara traveler yang ingin berwisata ke Dieng dalam waktu dekat, baiknya mempersiapkan diri akan udara dingin. Khususnya di pagi hari.

(Png – sisidunia.com)