Home » Gaya Hidup » 3 Perbedaan Orang Jepang Membungkukkan Dan Maknanya

3 Perbedaan Orang Jepang Membungkukkan Dan Maknanya



Jakarta – Orang Jepang memiliki adat membungkukkan badan untuk menghormati orang lain. Namun, tahukah Anda jika ada 3 cara membungkuk dan semua punya arti berbeda.

3 Perbedaan Orang Jepang Membungkukkan Dan Maknanya

Ilustrasi

Dijelaskan Yuri Kinjo, perwakilan dari OCVB (Okinawa Convention & Visitors Bureau), membungkuk adalah budaya penghormatan ala Jepang.

Baca juga : 6 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Membuat Gendut

Ketika mereka melakukan hal itu (membungkuk), ada 3 tingkatan di dalamnya. Selain tingkatan, tiap perubahan posisi ada artinya tersendiri.

“Kami memiliki tiga tingkatan saat melakukan penghormatan ketika membungkuk,” ujar Yuri.

Ada pun gerakan membungkuk yang pertama bernama Eshaku. Biasanya, gerakan ini dilakukan saat memberi salam kepada sepantaran atau seumuran.

“Ada membungkuk yang sedalam 15 derajat. Namanya eshaku untuk salam biasa,” jelas dia.

Salam penghormatan dengan membungkuk yang kedua ala Jepang bernama Keirei. Orang memberi salam harus membungkuk sedalam 30 derajat.

“Ini adalah gerakan membungkuk yang umum dilakukan di situasi formal. Gerakan ini juga dapat diartikan sebagai sebuah apresiasi kepada lawan bicara,” kata Yuri.

Yang ketiga adalah yang paling bermakna. Namanya Saikeirei.

“Bentuk membungkuk sedalam 45-75 derajat ini adalah bentuk permintaan maaf yang sedalam-dalamnya. Selain itu, membungkuk sedalam itu juga dapat diartikan sebagai sebuah kepedulian terhadap lawan bicaranya,” pungkas dia

(Png – sisidunia.com)