Home » Gaya Hidup » 5 Buah Ini Mampu Cegah Munculnya Jerawat

5 Buah Ini Mampu Cegah Munculnya Jerawat



Jakarta – Kebanyakan orang memiliki masalah kulit berupa jerawat, baik pria ataupun wanita, entah saat usia remaja ataupun sudah dewasa.

5 Buah Ini Mampu Cegah Munculnya Jerawat

Ilustrasi

Mengatasi jerawat yang hadir mengganggu penampilan ini, memang banyak caranya. Mulai dari yang menggunakan bahan alami hingga cara medis yang notabene bisa ditempuh dalam waktu instan.

Baca juga : 5 Buah-Buahan Ini Jangan Disimpan di Dalam Kulkas

Namun sebaik-baiknya mengobati, kembali lagi pada prinsip mencegah lebih baik daripada mengobati. Mencegah kehadiran jerawat, salah satunya bisa dengan mengonsumsi buah-buahan yang tepat. Apa saja buah-buahan tersebut? Melansir Stylecaster dan Supernaturalacnetreatment, Minggu (1/7/2018) berikut ulasan lengkapnya.

Anggur merah

Anggur disebutkan hadir dengan banyak kandungan bahan kimia alami dan antioksidan yang dapat membantu peradangan kulit serta dengan kondisi seperti eksim atau psoriasis. Selain itu, anggur sebagai buah juga diketahui dapat membantu efek samping dari reaksi alergi pada kulit.

Stroberi merah

Seperti buah beri lainnya, stroberi juga mengandung banyak zat anti-oksidan yang berfungsi baik untuk mengurangi radikal bebas di dalam tubuh. Dengan kandungan zat anti-oksidan yang kuat, stroberi dapat mencegah sebum dari pengoksidasi.

Ketika sebum teroksidasi karena serangan oleh radikal bebas, ia membentuk sesuatu yang bersifat sangat komedogenik, disebut peroksida squalen, atau dengan kata lain ini berarti stroberi dapat mencegah pori-pori kulit jadi tersumbat yang memang jadi salah satu pemicu hadirnya jerawat.

Selain itu, stroberi merah juga punya kandungan vitamin C tinggi, yang digunakan oleh tubuh untuk menjaga hormon stres kortisol turun dan sekaligus menyembuhkan jerawat lama.

Delima

Manfaat terbesar soal jerawat yang bisa diberikan oleh buah delima ialah, sejauh ini delima disebutkan sebagai buah yang punya konsentrasi anti-oksidan paling tinggi. 100 gram buah delima mengandung sekitar dua kali lebih banyak antioksidan dengan jumlah blueberi yang sama, 2,5 lebih banyak dari stroberi, 2 kali lebih banyak raspberry, dan jauh lebih banyak daripada buah-buahan seperti buah anggur atau pisang.

Di mana artinya, buah delima dapat mengangkat radikal bebas dalam tubuh dan mencegah radikal bebas tersebut menyumbat pori-pori kulit yang jadi salah satu penyebab hadirnya jerawat. Disebutkan pula, buah delima juga sangat kaya akan anti-oksidan antosianin, anti-inflamasi, menghambat produksi hormon stres, dan mengandung vitamin C juga.

Alpukat

Buah lezat satu ini adalah sumber vitamin E dan C yang kaya, yang mana kedua vitamin tersebut dikatakan dapat membantu untuk mengurangi inflamasi alias peradangan pada kulit dan secara alami dalam melembapkan kulit juga.

Jeruk

Buah-buahan citrus seperti jeruk, mandarin, clementine selama ini memang dikenal sebagai buah yang punya vitamin C tinggi. Jeruk jadi sumber terkaya dari senyawa yang disebut kalsium d-glucarate yang telah terbukti memiliki sifat detoksifikasi estrogen yang manjur.

(Png – sisidunia.com)