Home » Gaya Hidup » 5 Buah-Buahan Ini Jangan Disimpan di Dalam Kulkas

5 Buah-Buahan Ini Jangan Disimpan di Dalam Kulkas



Jakarta – Kebanyakan orang mengira menyimpan buah-buahan di dalam lemari pendingin (kulkas) dapat menjaga kesegarannya. Namun, asumsi ini tidak sepenuhnya benar. Dalam beberapa kasus, proses pendinginan justru dapat membuat proses pematangan menjadi lebih cepat. Tekstur buah akan menjadi lebih kenyal dan kualitas rasanya pun akan berubah signifikan.

5 Buah-Buahan Ini Jangan Disimpan di Dalam Kulkas

Ilustrasi

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk menyimpan buah-buahan di dalam kulkas, simak dulu 5 daftar buah-buahan yang sebaiknya tidak disimpan di dalam lemari pendingin. Seperti dilansir dari Delish, Minggu (1/7/2018).

Baca juga : 5 Makanan Ini Ternyata Diklaim Penyebab Kanker

Buah berbiji

Buah-buahan yang memiliki biji seperti peach, plum, atau ceri sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas karena kualitasnya bisa menurun akibat suhu yang dingin. Akibatnya, Anda tidak akan dapat menikmati rasa manis yang menjadi ciri khas buah tersebut. Jika terpaksa harus menyimpannya, tunggulah hingga matang lalu dinginkan sekali saja.

Semangka

Menyimpan semangka di dalam lemari es memang ampuh dalam memaksimalkan rasanya. Tetapi ada sejumlah pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum melakukan hal tersebut. Menurut penelitian yang dilakukan oleh USDA, menyimpan melon pada suhu ruang justru dapat mejaga kandungan antioksidannya. Namun, jika Anda sudah memotong semangka memang sebaiknya disimpan di dalam kulkas untuk mencegah tumbuhnya bakteri.

Apel

Buah bercita rasa manis ini sebetulnya bisa Anda simpan di atas meja makan atau di tempat bersuhu ruang. Ia dapat bertahan satu hingga dua minggu, Tapi, jika Anda ingin menyimpannya dalam waktu yang lama, simpanlah apel dalam lemari pendingin. Namun perlu Anda ketahui, apel merupakan buah yang dapat menghasilkan etilena, artinya apel dapat mengeluarkan gas yang dapat membuat buah atau sayuran lain yang ada di dalam kulkas menjadi lebih cepat matang.

Alpukat

Seperti kebanyakan buah, menyimpan alpukat di dalam kulkas akan memperlambat protes pematangannya. Jadi jika Anda ingin memakan alpukat yang matang, sebaiknya simpan buah tersebut di tempat bersuhu ruang.

Buah beri

Buah yang satu ini akan memberikan rasa yang lebih baik jika disimpan pada suhu ruang. Sayangnya, hal tersebut juga dapat memicu tumbuhnya bakteri yang berbahaya bagi kesehatan. Simpanlah buah beri di dalam kulkas jika Anda ingin memakannya dalam satu atau dua hari kedepan.

(Png – sisidunia.com)