Home » Gaya Hidup » 5 Makanan Ini Ternyata Diklaim Penyebab Kanker

5 Makanan Ini Ternyata Diklaim Penyebab Kanker



Jakarta – Penyakit kanker telah ditemukan sejak ribuan tahun lalu. Berdasarkan catatan medis di Mesir dan Yunani, ditemukan tanda-tanda kanker pada kerangka manusia dari 3.000 tahun silam.

5 Makanan Ini Ternyata Diklaim Penyebab Kanker

Ilustrasi

Bahkan hingga saat ini, para ahli belum dapat memastikan faktor apa saja yang menyebabkan kanker pada manusia. Namun mereka tidak memungkiri bahwa, gaya hidup, diet, dan polusi udara juga berdampak pada peningkatan risiko kanker.

Baca juga : Jenis-jenis Nyamuk Ini Menyebabkan Gangguan Kesehatan Bahkan Kematian

Selain ketiga faktor tersebut, ada pula yang mengatakan kanker disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Okezone rangkumkan 5 jenis makanan yang diklaim dapat meningkatkan risiko kanker, seperti dilansir dari Wittyfeed, Rabu (27/6/2018).

Soda dan minuman berkarbonasi

Tidak diragukan lagi bahwa minuman bersoda dan berkarbonasi berada pada posisi pertama, yang diklaim menjadi salah satu pemicu timbulnya risiko kanker. Kedua minuman ini tidak memiliki kandungan nutrisi apapun yang baik untuk kesehatan tubuh. Keduanya justru mengandung high fructose corn syrup (HFCS) yang cukup tinggi dan sangat berbahaya bagi kesehatan kita.

Daging olahan

Daging olahan yang diproses dengan cara dipanggang seperti hot dog atau steak, akan melepaskan zat karsinogen yang disebut heterocyclic aromatic amines. Zat inilah yang akan meningkatkan risiko kanker. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari konsumsi daging yang dipanggang menggunakan arang atau wajan besi.

Salmon hasil budidaya

Meski selama ini ikan salmon dianggap sebagai salah satu makanan sehat, dan sering direkomendasikan untuk menu diet, namun ternyata ada satu jenis salmon yang harus Anda hindari yaitu, salmon yang dibudidayakan. Ini karena mereka mendapatkan makanan yang mengandung banyak bahan kimia sehingga warna dagingnya tampak kemerahan. Kandungan asam lemak omega-3nya pun tidak sebanyak ikan salmon yang ditangkap secara liar di laut atau perairan tawar.

Popcorn

Membuat popcorn menggunakan microwave merupakan cara paling praktis dan tidak merepotkan. Anda hanya perlu memasukan biji jagung yang telah dikeringkan ke dalam microwave, lalu panaskan hingga mengembang. Namun menurut sebuah penelitian, proses tersebut justru akan akan menghasilkan zat kimia yang disebut asam perfluorooctanoic (PFOA). Zat ini secara signifikan dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal, kandung kemih, hati, pankreas, dan kanker testis.

Gula rafinasi

Gula rafinasi dapat meningkatkan kadar insulin yang membuat sel kanker semakin berkembang. Maka dari itu, sebaiknya Anda menghindari makanan yang mengandung pemanis, dan menggantinya dengan madu organik, gula kelapa, atau gula maple.

(Png – sisidunia.com)