Home » News » Tiga Ikan Araipaima Ditangkap Dari Sungai Berantas Jawa Timur

Tiga Ikan Araipaima Ditangkap Dari Sungai Berantas Jawa Timur



Sidoarjo – Sedikitnya tiga ekor ikan Arapaima gigas telah ditangkap di Sungai Brantas, Jawa Timur, hari ini. Keti ikan tersebut ditangkap menggunakan setrum.

Tiga Ikan Araipaima Ditangkap Dari Sungai Berantas Jawa Timur

Ikan Arapaima

“Tadi pagi kita meluncur dari Surabaya dan bergabung dengan teman-teman dari Ecoton. Hari ini sudah ketemu tiga. Lebih dari 7 totalnya yang sudah ditemukan. Tiga ekor (ikan Arapaima) ini (ditangkap) pakai setrum,” kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah III BKSDA Jawa Timur Dodit Ariguntoro kepada detikcom, Selasa (26/6/2018).

Baca juga : Seorang Pria Ditemukan Tewas Dengan Narkoba Berserakan di Hotel Koja

Ikan tersebut ditemukan pada Minggu (24/6). Sebelumnya, ikan predator dengan habitat asli Amerika Selatan itu ditangkap menggunakan jaring.

“Yang kemarin ada yang berhasil (menangkap) pakai jaring. Jadi Ecoton (NGO) ini yang mencari ikan, kemudian menangkap. Melihat besarnya ikan, jaringnya bisa lepas. Jadi sementara saya lihat tadi pakai setrum, disetrum. Hanya di area ditemukannya ikan,” kata Dodit.

Ikan Arapaima yang ditangkap di Sungai Brantas berukuran lebih dari 1,5 meter dan beratnya berkisar 20 hingga 40 kilogram. Diduga ikan tersebut dilepas oleh seseorang ke Sungai Brantas.

“(Soal pelepasan ikan Arapaima ke Sungai Brantas) sementara baru dugaan. Nanti yang menindaklanjutinya dari Gakkum,” ujar Dodit.

(Png – sisiduniacom)