Home » News » 2 Kabupaten di Sulawesi Tenggara Teredam Banjir Bandang

2 Kabupaten di Sulawesi Tenggara Teredam Banjir Bandang



Konawe Kepulauan – Sejak Jumat (22/6/2018) hingga Sabtu (23/6/2018), hujan deras mengguyur wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra). Dampaknya, banjir bandang sempat menerjang dua kabupaten di Sultra.

2 Kabupaten di Sulawesi Tenggara Teredam Banjir Bandang

Ilustrasi

Dua kabupaten tersebut, yakni Buton Utara dan Konawe Kepulauan. Banjir bandang yang menerjang setinggi satu hingga 1,5 meter.

Baca juga : Tenggelamnya Kapal Kargo di Perairan Kepri Menewaskan 1 ABK

Awalnya, banjir merendam wilayah Desa Wungkolo dan Lantilowo, Kabupaten Konawe Selatan, Jumat (22/6/2018). Hujan deras yang turun sejak Jumat malam, menyebabkan aliran kali meluap dan tak mampu menampung air hujan.

Di wilayah ini, sembilan rumah terendam banjir. Namun, puluhan rumah lainnya memiliki kaki seperti panggung, sehingga air tidak sampai merembes masuk.

Hanya saja, sebuah jembatan penyeberangan di Desa Wungkolo, sempat putus setelah tergenang air hingga setinggi lutut. Warga sempat kesulitan melewati jalur karena air mencapai tinggi hingga satu meter.

Kepala BPBD Konawe Kepulauan, Awaluddin mengatakan banjir bandang di daerah tersebut tidak separah sebelumnya. Sebab, air deras dari sungai besar yang ada di wilayah itu hanya meluap sebentar lalu kembali surut. “Tapi, kami tetap siaga itu. Ada personel di lapangan dan tim reaksi cepat,” ujarnya.

(Png – sisidunia.com)