Home » News » Belasan Anak Sempat Hilang di Kebun Binatang Ragunan

Belasan Anak Sempat Hilang di Kebun Binatang Ragunan



Jakarta – Belasan anak-anak sempat luput dari pengawasan orangtua akibat banyaknya pengunjung di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan. Kepala Unit Pengelolah Taman Marga Satwa Ragunan, Dina Himawati menyampaikan hal itu.

Belasan Anak Sempat Hilang di Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Dina mencatat, hari ini pengunjung di Kebun Binatang Ragunan mencapai 149.665 orang. Dari total itu sedikitnya, 16 anak-anak sempat berpisah dari orangtua. Usianya rata-rata 5-8 tahun.

Baca juga : Ratusan Anjing Liar Dibunuh di Beberapa Kota di Rusia Jelang Piala DUnia 2018

“Hari ini 16 anak kehilangan orangtuanya. Mereka hilang saat berada di wahana permainan. Jadi anak-anak, naik di mana turun di mana. Enggak bareng sama orangtua,” terang dia.

Dina menjelaskan, anak-anak yang terlepas dari orangtua biasanya selalu menangis. Kemudian menghampiri petugas yang berjaga. Baik petugas patroli ataupun petugas kebersihan.

“Oleh petugas diantar ke pusat informasi” ungkap dia.

Nantinya, di pusat informasi akan ditanyai ihwal data diri. Sebelum diumumkan melalui pengeras suara.

“Petugas kami tanya namanya, nama orangtua siapa, lalu informasikan ke pengunjung Ragunan melalui pusat informasi dengan ciri-ciri anak seperti apa,” ungkap dia.

Dia melanjutkan, petugas tidak serta merta memberikan anak tersebut. Ada prosedur yang harus ditempuh. “Pada saat keluarga datang sudah ada Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang ditandatangani dan mencantumkan fotokopi KTP,” ujar dia.

Dina mengimbau kepada pengunjung agar lebih memantau anaknya masing-masing. “Kami meminta tolong dengan sangat karena luas Kebun Binatang Ragunan 147 hektare, dan tenaga kami tidak bisa mengawasi satu-satu pengunjung, kami minta tingkatkan kewaspadaan,” tukas dia.

(Png – sisidunia.com)