Home » News » Warga Sleman Temukan Ular Berkaki Empat

Warga Sleman Temukan Ular Berkaki Empat



Sleman – Hewan mirip ular yang memiliki empat kaki muncul di pekarangan rumah warga di Dusun Rejodani, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Hewan tersebut membuat Hendriyanto Wiprantoko kaget dengan kemunculan reptil tersebut.

Warga Sleman Temukan Ular Berkaki Empat

Ular berkaki empat

“Pas saya menggali tanah untuk saluran air, muncul hewan ini. Bentuknya seperti ular kecil, ternyata bukan. Cacing juga bukan karena pas saya lihat kok ada kakinya,” kata Hendriyanto, Minggu (10/6/2018).

Baca juga : Polisi di Puncak Bogor Ini Bikin Spanduk Iambauan Lucu

Hendriyanto lantas menangkap hewan itu dan dimasukkannya dalam wadah toples plastik. Saat diukur, tubuh hewan itu sepanjang 15 cm dan berwarna gelap. Hendriyanto mengaku cukup kesulitan menangkapnya karena hewan itu larinya cepat.

“Ya sempat kaget, lihat ada hewan seperti ular atau cacing kok larinya cepat sekali. Penasaran lalu saya tangkap,” ujarnya.

Hendriyanto kemudian mencoba mencari informasi soal hewan tersebut melalui sejumlah artikel di internet. Dia akhirnya mengetahui hewan tersebut merupakan jenis Kadal Ular atau Peliang.

Kadal Ular memiliki nama latin Lygosoma quardupes. Hewan ini sangat jarang bisa dijumpai manusia karena habitat hidup yang berada di daerah serasah atau lapisan tanah bagian atas. Hewan jenis ini sebenarnya banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara dan berkembang biak dengan cara bertelur layaknya reptil pada umumnya.

Kini, Kadal Ular itu disimpan dan dipelihara Hendriyanto di rumahnya karena dia memang penyuka reptil.

“Ini saya pelihara saja,” imbuhnya.

(Png – sisidunia.com)