Home » Gaya Hidup » Berikut Tips Agar Mudik Anda Tidak Kacau

Berikut Tips Agar Mudik Anda Tidak Kacau



Jakarta – Mudik ke kampung halaman pasti akan sangat menyenangkan karena bisa bertemu dengan keluarga besar lainnya. Mulai dari bertukar cerita hingga membawakan oleh-oleh dari kota asal bisa menjadi kegiatan seru bersama keluarga saat di kampung halaman.

Berikut Tips Agar Mudik Anda Tidak Kacau

Ilustrasi

Agar rencana mudik dapat berjalan dengan lancar dan tidak berantakan, Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dari awal dengan mendetail. Dengan demikian, momen mudik Anda akan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana yang diinginkan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan agar rencana mudik lancar dan tidak berantakan.

Baca juga : Tips Agar Tak Sakit Saat Berpuasa

Kehabisan tiket menjadi permasalahan umum yang sering terjadi saat ingin melakukan perjalanan mudik. Banyaknya orang yang ingin menggunakan transportasi umum dan terbatasnya kuota tiket menjadi penyebab terjadinya permasalahan ini. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memesan dan membeli tiket lebih awal.

Anda bisa membeli tiket dua sampai tiga bulan sebelum jadwal keberangkatan. Pilihlah layanan yang bisa mempermudah Anda melihat jadwal keberangkatan transportasi umum sampai tiga bulan ke depan seperti Traveloka. Hasil pencarian yang dilakukan Traveloka pun sangat lengkap, mulai dari tanggal, jam keberangkatan, hingga harga tiket transportasi umum yang tersedia.

Periksa kondisi kendaraan

Jika Anda memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya Anda melakukan pengecekan terhadap kondisi kendaraan. Bawalah mobil atau motor Anda ke bengkel dua atau tiga minggu sebelum berangkat mudik. Durasi ini cukup untuk bersiaga jika kendaraan Anda membutuhkan perawatan yang memakan waktu.

Hal ini penting dilakukan agar kendaraan Anda siap untuk dibawa dalam perjalanan jauh dan memakan waktu yang lama. Tentunya Anda tak ingin rencana mudik jadi berantakan karena kendaraan bermasalah saat ingin berangkat atau lebih parahnya lagi mogok di tengah jalan? Duh, jangan sampai kejadian deh.

Siapkan barang bawaan sedini mungkin

Pulang ke kampung halaman dalam waktu yang cukup lama tentu membuat Anda harus membawa barang bawaan yang cukup. Belum lagi jika Anda ingin membawakan sesuatu dari kota asal untuk keluarga-keluarga tercinta di kampung halaman.

Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkannya sedini mungkin. Mulailah dengan memilih barang bawaan yang ingin diberikan kepada keluarga di kampung halaman. Setelah itu, mulailah mengemas keperluan Anda pribadi seperti baju, makanan, dan sebagainya.

Anda juga harus bijak dalam mempersiapkan barang bawaan, khususnya saat mudik menggunakan transportasi umum. Bawalah barang bawaan sepraktis mungkin agar dapat terawasi dengan baik saat berada di bandara, stasiun, atau pun terminal bus. Gunakanlah jasa porter jika Anda merasa kesulitan untuk membawa barang bawaan. Anda juga bisa menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirimkan barang-barang bawaan agar lebih praktis.

Susun jadwal dengan cermat

Meskipun Anda terbilang rutin untuk pulang mudik setiap tahunnya, Anda tetap harus menyusun jadwal mudik dengan cermat. Mulailah dari menentukan jadwal keberangkatan dan kepulangan. Setelah itu, ajukan permohonan cuti tambahan jika ternyata Anda berencana untuk mudik lebih awal atau kembali lebih lama dari jatah libur yang diberikan oleh kantor.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga harus mengatur jadwal beristirahat di sela-sela perjalanan agar tubuh tak terlalu lelah saat menempuh perjalanan mudik. Anda bisa beristirahat di rest area atau restoran-restoran yang tersedia.

Persiapkan koneksi internet

Di era serba teknologi ini, Anda harus mempersiapkan smartphone dalam kondisi yang aktif, baik itu pulsa ataupun paket internetnya. Koneksi internet ini dapat mempermudah perjalanan Anda, baik untuk menggunakan aplikasi peta sebagai penunjuk jalan atau sebagai sarana hiburan saat menggunakan transportasi umum.

Anda dapat mempersiapkannya dengan membeli paket data menggunakan layanan Traveloka Tagihan dan Isi Ulang. Selain bisa mengisi paket data, Anda juga dapat membayar tagihan listrik di mana saja sehingga rumah dalam kondisi aman.

Persiapan menjadi langkah awal yang penting dilakukan agar perjalanan mudik Anda dapat berjalan dengan nyaman dan lancar sesuai rencana. Untuk itu, tak ada salahnya menerapkan beberapa tips di atas.

(Png – sisidunia.com)