Home » Gaya Hidup » Tips Agar Tak Sakit Saat Berpuasa

Tips Agar Tak Sakit Saat Berpuasa



Jakarta – Umat Muslim menjalankan ibadah puasa, sudah lebih dari dua minggu. Jika menjalankan puasa dengan pola makan yang baik, tentu manfaat sehat dari ibadah ini bakal di dapat.

Tips Agar Tak Sakit Saat Berpuasa

Tips Agar Tak Sakit Saat Berpuasa

Nah, sudahkan Anda menjalankan pola makan dan gaya hidup sehat selama bulan puasa? Jika belum, simak saran dokter spesialis penyakit dalam Medcare Hospital, di Dubai, Abdul Jabbar agar tubuh sehat dan tidak sakit saat puasa. Selengkapnya melansir Friday Magazine, Sabtu (2/6/2018).

1. Jangan makan berlebihan saat buka puasa

Setelah menahan haus dan lapar, terkadang beberapa orang jadi kalap saat buka puasa. Gorengan biasanya jadi santapan saat berbuka. Sebaiknya, saat buka puasa fokuslah mengonsumsi cairan untuk menghidrasi tubuh serta mengisi ‘bahan bakar’ yang kosong belasan jam. Yakni dengan minum air putih lalu mengonsumsi beberapa kurma atau buah segar manis lainnya.

Saat makan besar, tak perlu berlebihan mengambil nasi atau sumber karbohidrat lain. Lalu, ada sumber protein serta sayuran di dalamnya.

2. Minum cukup air

Minimal minum delapan gelas air dari berbuka puasa hingga sebelum Imsak. Batasi kopi dan teh juga karena minuman ini bisa membuat tubuh dehidrasi.

Baca juga : Beberapa Cara Jika Wanita Ingin Mencintai Diri Sendiri

3. Sahur itu penting

Sahur merupakan sesi makan penting untuk mendukung energi belasan jam ke depan. Pastikan saat sahur, selain makan karbohidrat juga protein (telur, keju, yogurt, kacang-kacangan, daging) dan serat (sayur, buah, dan whole grains). Dua komponen terakhir penting untuk membuat perut terasa kenyang.

4. Olahraga di waktu tepat

Saat puasa, bukan berarti puasa olahraga juga tapi pilih di saat waktu yang teat. Pastikan olahraga saat tubuh berenergi. Waktu terbaik adalah satu jam setelah buka puasa.

(Png – sisidunia.com)