Home » Gaya Hidup » Berikut Tips Membuat Selai Nanas Untuk Nastar Agar Lebih Awet

Berikut Tips Membuat Selai Nanas Untuk Nastar Agar Lebih Awet



Jakarta – Nastar menjadi kue wajib saat hari lebaran. jika ingin membuat nastar sendiri, siapkan selai nanas dengan trik ini agar lebih enak dan awet.

Berikut Tips Membuat Selai Nanas Untuk Nastar Agar Lebih Awet

Selai nanas

Selai nanas jadi bahan wajib saat membuat nastar. Selai nanas yang enak seharusnya bertekstur lunak dengan rasa manis asam yang pas.

Baca juga : Jus Nipah Menjadi Salah Satu Menu Utama Paling Populer di Singkil

Berikut beberapa trik membuat selai nanas sebagai isian nastar. Mulai dari memilih jenis nanas yang tepat sampai mengolahnya hingga jadi lembut dan manis segar rasanya.

1. Jenis nanas

Tak semua jenis nanas cocok dijadikan selai. Pilih nanas yang manis namun tidak terlalu berair seperti nanas Bogor, nanas madu, nanas Palembang atau nanas Blitar. Untuk tingkat kematangannya bisa pilih yang sedang agar daging buahnya masih renyah. Hindari memakai nanas Subang karena kandungan airnya terlalu banyak.

2. Menyiapkan nanas

Nanas harus dikupas dan dibuang matanya sampai bersih. Selanjutnya lumuri sedikit garam pada permukaan nanas dan diamkan sebentar. Parut nanas dengan parutan kelapa dengan arah memanjang. Hal ini agar tekstur nanas masih renyah saat dijadikan selai. Kalau mau menghaluskan nanas dengan blender juga bisa, hanya saja nanti tekstur selai nanas akan terlalu berair dan bentuknya seperti bubur. Memasaknya lebih lama dan kemungkinan selai nanas gosong lebih besar.

3. Masak selai nanas

Masukkan parutan nanas ke dalam panci. Masak perlahan dengan api kecil sampai mendidih. Kalau mau lebih aromatik, bisa ditambahkan kayu manis atau cengkeh. Masak dan aduk sampai nanas mengental. Selanjutnya tambahkan gula pasir. Aduk hingga gula larut dan jadi karamel. Pemakaiannya bisa 100-150 gram gula pasir untuk tiap 1 kg nanas.

4. Bentuk selai nanas

Selai nanas haruslah kental, agak kering dan warnanya kecokelatan. Dinginkan sebentar setelah selai nanas jadi. Selanjutnya selai nanas bisa dibentuk jadi bola-bola kecil sehingga mudah mengisikan dalam adonan. Simpan selai nanas dalam wadah kedap udara dan masukkan ke kulkas agar awet.

(Png – sisidunia.com)