Home » Gaya Hidup » Beberapa Cara Hindari Perut Kembung Agar Puasa Tetap Lancar

Beberapa Cara Hindari Perut Kembung Agar Puasa Tetap Lancar



Jakarta – Meski puasa, bisa saja Anda mengalami perut kembung atau sering bersendawa yang bikin tidak nyaman. Salah satu faktor pemicunya ialah Anda salah memilih makanan, terutama saat santap sahur.

Beberapa Cara Hindari Perut Kembung Agar Puasa Tetap Lancar

Beberapa Cara Hindari Perut Kembung Agar Puasa Tetap Lancar

Perut kembung terjadi karena sistem pencernaan tidak bisa memecah makanan dengan sempurna, dalam beberapa kasus. Atau bisa jadi Anda terlalu banyak menelan udara tanpa disadari.

Di sisi lain, ketika Anda tampak cemas karena menghadapi sesuatu masalah yang mengganggu, juga bisa menyebabkan perut kembung. Maka itu, sebaiknya Anda mencegahnya dengan berbagai cara.

Hindari beberapa kebiasaan buruk dan menjauhi makanan yang sulit dicerna karena mengandung gas, salah satu yang paling aman ialah saat makan sahur. Simak ulasannya berikut ini, dilansir dari Boldsky.

1. Berhenti mengunyah permen karet

Ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan mengunyah permen karet yang membuat rongga mulut Anda selalu terbuka. Kebiasaan ini nampaknya menimbulkan udara banyak masuk lewat rongga mulut dan memicu gas. Tak pelak, perut jadi kembung dan tidak nyaman, sehingga Anda harus menghindarinya.

2. Terlalu banyak konsumsi produk susu

Aneka produk susu memang mengandung tinggi kalsium dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi kalau terlalu banyak dikonsumsi dampaknya tidak baik untuk sistem pencernaan. Perut jadi terasa kembung karena memicu gas berlebihan dan rasanya sangat tidak nyaman.

Baca Juga: Rekaman Suara “Yanny VS Laurel” Terbongkar! Orang Ini Ternyata Perekamnya dan Membongkar Apa Kata yang Paling Tepat!

3. Jauhi makanan berlemak

Konsumsi makanan berlemak di waktu sahur terutama dapat memperlambat pencernaan. Jadilah pembentukan gas di perut yang memicu perut kembung. Karenanya, saat santap sahur Anda harus menghindari segala macam jenis makanan berlemak, seperti junk food, gorengan, makanan dengan kuah santan, dan sebagainya.

4. Hindari makanan yang mengandung gas

Cara sempurna untuk menghindari perut kembung yakni memastikan bahwa Anda tidak konsumsi makanan bergas. Seperti kacang-kacangan, kubis, lobak, dan lainnya.

Baca juga : Sebagai Pengantin baru, Jeje Govinda Semangat Menjalani Bulan Ramadhan

5. Hindari minuman yang berkarbonasi

Aneka jenis minuman dengan proses karbonasi seperti soda melepaskan gas karbon dioksida di bagian sistem pencernaan. Efek sampingnya bikin perut kembung, apalagi kalau sering dikonsumsi. Baik saat sahur atau buka puasa, hindari minuman bersoda ini karena tidak baik untuk tubuh Anda.

6. Berhentilah merokok

Saat menghirup asap rokok, Anda juga menghirup dan menelan udara. Ini adalah masalah utama yang menyebabkan perut Anda kembung. Selama Ramadan sangat cocok sekali bagi seorang perokok yang pelan-pelan mulai menghentikan kebiasaan buruk ini. Berusahalah dan niat supaya mudah melakukannya.

(Png – sisidunia.com)