Home » News » Selebriti Dunia Minta Jokowi Tindak Tegas Perdagangan Daging Anjing di Indonesia

Selebriti Dunia Minta Jokowi Tindak Tegas Perdagangan Daging Anjing di Indonesia



Los Angeles – Agar menindak tegas perdagangan bebas daging anjing khususnya di Sulawesi Utara, puluhan selebriti dunia seperti Cameron Diaz, Pierce Brosnan, Ellen DeGeneres, Simon Cowell, Elizabeth Hurley, Ricky Gervais, Brian May, dan Tyrese Gibson turut menandatangani petisi untuk menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selebriti Dunia Minta Jokowi Tindak Tegas Perdagangan Daging Anjing di Indonesia

Cameron Diaz

Sebuah asosiasi bernama Dog Meat Free Indonesia (DMFI) mengungkapkan fakta menyedihkan bahwa telah terjadi pembantaian hewan peliharaan khususnya anjing di Sulawesi Utara untuk memenuhi permintaan daging anjing yang diperjual belikan. Asosiasi ini kemudian membuat petisi untuk mendesak presiden menindak lanjuti perbuatan yang dinilai tercela, melansir website DMFI pada 23 Mei 2018, .

DMFI pun menulis surat terbuka kepada Jokowi dan meminta Presiden mengikuti negara-negara lain di Asia untuk melarang praktik perdagangan daging anjing dan kucing. Sebagai dukungan, setidaknya setidaknya ada 90 selebriti dunia yang telah menandatangani petisi ini.

Asosiasi ini tidak menutup mata bahwa ada sebagian kecil masyarakat Indonesia yang mengonsumsi daging anjing. Namun, menurut mereka perdagangan ini tetap dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius bagi semua sektor masyarakat. Terutama dalam bentuk penyebaran rabies.

“Jutaan anjing dengan status penyakit yang tidak diketahui ditangkap dari jalan-jalan, dicuri dari rumah atau dibeli oleh pedagang, dan diangkut jauh-jauh melintasi provinsi dan pulau-pulau di belakang truk serta sepeda motor. Operasi Perdagangan tersebut tidak hanya melanggar undang-undang anti-rabies Indonesia, tetapi juga bertentangan dengan rekomendasi dari para ahli kesehatan manusia dan hewan terkemuka,” tulis DMFI pada rilisnya.

Baca juga : Lucinta Luna Dipolisikan Masyarakat Manokwari, Melly Bradley Berikan Tanggapan

Dalam proses penangkapan, transportasi, dan penjagalan, diungkapkan juga dalam video bagaimana hewan–hewan itu diperlakukan dengan tidak wajar. Sehingga jutaan anjing mengalami penderitaan yang luar biasa setiap tahunnya.

Presiden Humane Society International Kitty Block mengatakan kebrutalan perdagangan daging anjing dan kucing Indonesia benar-benar menyedihkan dan perlu dihentikan, sekarang juga.

“Kami sangat berterima kasih kepada para selebriti global dan Indonesia ini yang datang bersama-sama untuk mendukung usaha Dog Meat-Free Indonesia untuk mengakhiri industri yang kejam dan berbahaya ini, dan kami dengan hormat mendesak Presiden Widodo untuk bekerja bersama kami pada solusi yang tidak hanya melindungi anjing Indonesia dan kucing tetapi juga kesehatan masyarakatnya,” tandasnya.

(Png – sisidunia.com)