Home » Gaya Hidup » Berikut Makanan Untuk Sahur Agar Kenyang Lebih Lama

Berikut Makanan Untuk Sahur Agar Kenyang Lebih Lama



Jakarta – Makan ketika sahur itu bukan asal kenyang. Makan nasi dan mie goreng memang bisa langsung bikin kenyang tapi jelas setelah itu akan gampang lapar lagi. Menu sahur yang paling ideal itu yang mengandung banyak serat. Karena makanan kaya serat selain lebih sehat juga bisa bikin kenyang lebih lama.

Berikut Makanan Untuk Sahur Agar Kenyang Lebih Lama

Ilustrasi

Kalau tubuh kekurangan serat, kesehatan pun akan terganggu. Dilansir dari boldsky.com, kalau tubuh kekurangan serat maka bisa berisiko gampang capek, susah menurunkan berat badan, dan berisiko tinggi mengalami penyakit jantung. Sementara itu bila kebutuhan serat tercukupi, maka kita bisa terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, penyakit jantung, batu ginjal, dan gejala PMS. Wanita umumnya membutuhkan 25 gram serat setiap hari sementara pria butuh sekitar 38 gram.

Baca juga : Cara Kontrol Gula Para Penderita Diabetes Disaat Puasa

Wortel

Jadi apa sajakah jenis makanan kaya serat yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat makan sahur? Berikut info lengkapnya.

Wortel

Selain kaya vitamin A, wortel juga kaya serat. Sangat cocok dikonsumsi untuk makan sahur. Kalau ingin kenyang lebih lama, masukkan wortel dalam setiap menu sahur sehatmu.

Oatmeal

Seporsi oatmeal bisa mengandung 5 gram serat. Mengonsumsinya secara rutin pun bisa bantu atasi kolesterol jahat. Oatmeal juga cocok dinikmati saat sahur, padukan juga dengan aneka buah segar seperti stroberi, kiwi, atau raspberry untuk mendapat manfaat lebihnya.

Paprika

Tambahkan paprika dalam menu atau hidangan sahurmu. Paprika ini juga kaya serat. Mengonsumsinya secara rutin pun bisa bantu menurunkan berat badan.

Chia Seeds

Tambahkan chia seeds dalam menu salad atau yogurt untuk sahur. Biji-bijian ini sangat kaya kandungan seratnya jadi cocok disantap saat sahur. Selain chia seeds, kamu juga bisa tambahkan flax seeds. 2 sdm flax seeds ini mengandung sekitar 5,6 gram serat.

Beras Cokelat

Brown rice (beras cokelat) adalah beras yang setengah digiling atau hanya diproses dengan cara menghilangkan sekam saja. Dibandingkan beras putih biasa, beras cokelat ini lebih kaya serat. Dalam 340 gram beras cokelat, terkandung 3,5 gram serat.

Aneka buah-buahan seperti apel dan buah pir juga cocok dinikmati saat sahur. Kandungan seratnya yang tinggi bisa bikin kenyang lebih lama. Imbangi juga dengan minum air putih yang cukup, ya.

(Png – sisidunia.com)