Home » Gaya Hidup » Alasan Kenapa Setelah Makan Tidak Diperbolehkan Minum Teh

Alasan Kenapa Setelah Makan Tidak Diperbolehkan Minum Teh



Jakarta – Terasa begitu nikmat bagi sebagian orang, minum teh dalam suhu dingin atau hangat usai makan. Namun, sebaiknya daripada minum teh lebih baik air putih saja.

Alasan Kenapa Setelah Makan Tidak Diperbolehkan Minum Teh

Alasan Kenapa Setelah Makan Tidak Diperbolehkan Minum Teh

“Kandungan fitat (phytate) yang terdapat dalam teh mengganggu penyerapan mineral seperti kalsium dan zat besi. Jadi, tidak dianjurkan minum teh usai makan,” kata dokter spesialis anak Yoga Devaira dalam Seminar Kesehatan dan Gizi Remaja Menuju Generasi Tinggi, Cerdas dan Berprestasi di Kementerian Kesehatan Jakarta pada Selasa (15/5/2018).

Kandungan gizi yang dikonsumsi hanya lewat saja di saluran pencernaan, jika tetap minum teh usai makan. Tentu hal ini amat disayangkan, terlebih saat remaja asupan mineral seperti kalsium dan zat besi begitu dibutuhkan seperti disampaikan Yoga di hadapan ratusan anak SMP-SMA dari Jakarta.

Baca juga : Tarzan Sempat Ingatkan Gogon Soal Kebiasaan Merokok

“Saat makan bayam beranggapan zat besi di dalamnya bisa diserap tubuh. Namun, karena usai makan minum teh, ya cuma lewat saja, zat besi tersebut tidak masuk ke dalam tubuh,” katanya.

Yoga menyarankan dua jam sesudah makan, jika memang senang minum teh. Pada waktu ini proses penyerapan makan sudah selesai.

“Dan ingat ya, minum teh tanpa gula untuk mendapatkan manfaat baik dari teh,” katanya.

(Png – sisidunia.com)