Home » Gaya Hidup » Tips Agar Tubuh Bugar Saat Berpuasa Ketika Ketinggalan Sahur

Tips Agar Tubuh Bugar Saat Berpuasa Ketika Ketinggalan Sahur



Jakarta – “Ketinggalan sahur” adalah salah satu masalah yang sering muncul di bulan puasa. Masalah ini banyak penyebabnya, salah satunya adalah bangun kesiangan.

Tips Agar Tubuh Bugar Saat Berpuasa Ketika Ketinggalan Sahur

Tips Agar Tubuh Bugar Saat Berpuasa Ketika Ketinggalan Sahur

Ada beberapa hal lainnya yang bisa membuat Anda ketinggalan sahur. Sebut saja sudah bangun tapi nggak mau bangkit dari kasur, lupa beli atau masak makanan karena waktu sahur sudah meper, atau ingin gaya-gayaan tidak sahur agar terkesan manusia kuat. Bagaimana pun, sahur itu penting, bahkan disunahkan dalam agama.

Nah, jika masalah ini muncul, apa yang bisa dilakukan?

1. Jangan terlalu aktif bergerak

Jika Anda tidak sahur, upaya pertama yang bisa dilakukan supaya tubuh tidak drop adalah membatasi kegiatan dan keaktifan tubuh. Sebisa mungkin Anda tetap menjaga ketenangan tubuh dan sadar akan kondisi tubuh. Banyak dari Anda yang kemudian mengabaikan rasa lapar berlebih itu, padahal ini bisa berdampak buruk pada kondisi tubuh.

2. Istirahat yang cukup

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan beristirahat yang cukup. Abaikan saja kegiatan yang tidak begitu penting dan Anda memilih untuk tidur. Cara ini pun dianggap sebagai pilihan tepat dan di sini lah makna tidur pun berpahala saat Anda berpuasa. Ingat, jangan meninggalkan solat gara-gara tidur, ya!

3. Jangan terpapar sinar matahari langsung

Saat tubuh Anda panas-panasan di bawah sinar matahari, maka Anda akan merasa haus dan dehidrasi. Untuk mengatasi masalah ini, usahakan untuk tetap berada di lingkungan yang nyaman dan jangan panas-panasan. Sinar matahari ini yang kemudian membuat Anda mudah keringatan dan itu yang bikin Anda lemas berlebih.

Baca juga : Beberapa Penyebab Kenaikan Bobot Saat Berpuasa

4. Sahur sebelum tidur

Ini bisa Anda lakukan sebagai upaya pencegahan bangun kesiangan. Jika Anda sudah merasa ngantuk di jam 11 malam, ya, tidak ada salahnya sebelum tidur Anda makan dulu dan berniat puasa. Hal ini cukup efektif untuk menghindari keterlambatan sahur.

5. Niat yang bulat

Jika Anda sudah yakin untuk bisa menjalani puasa sekali pun tanpa sahuran, maka tubuh Anda secara otomatis akan memperkuat diri. Keyakinan ini tentunya harus dibarengi niatan berpuasa yang bulat agar tetap diridhoi Allah SWT.

(Png – sisidunia.com)