Home » Gaya Hidup » Beberapa Jenis Makanan yang Bisa Jaga Tubuh Tetap Fit Saat Puasa

Beberapa Jenis Makanan yang Bisa Jaga Tubuh Tetap Fit Saat Puasa



Jakarta – Cuacanya sedang tidak bersahabat, menjelang puasa Ramadhan. Rasanya membuat Anda cepat lelah dan kurang berenergi, saat beraktivitas di luar ruangan. Oleh karenanya, Anda harus banyak konsumsi aneka bahan makanan bernutrisi agar tubuh tetap fit.

Beberapa Jenis Makanan yang Bisa Jaga Tubuh Tetap Fit Saat Puasa

Beberapa Jenis Makanan yang Bisa Jaga Tubuh Tetap Fit Saat Puasa

Puasa Ramadhan tinggal menghitung hari, sementara umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan rukun Islam kelima tersebut. Salah satu caranya yakni mengonsumsi berbagai macam pilihan superfood yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

Terlebih, saat cuaca panas terik begini, rasanya Anda ingin makan sesuatu yang nikmat dan cenderung ingin makan yang segar-segar. Anda tak usah bingung memilih aneka jenis makanan sehat nan kaya nutrisi.

Anda harus menyediakan beberapa stok makanan berikut yang harus banyak dikonsumsi jelang puasa. Simak ulasannya, dilansir Thedailymeal.

Aprikot

Di musim panas, buah aprikot jumlahnya melimpah. Anda bisa memanfaatkan buat itu yang diolah menjadi minuman atau kue serba manis. Aprikot cocoknya juga diminum dalam bentuk jus, ditambahkan ke dalam teh favorit, atau dimakan dengan kue camilan kesukaan. Buah ini mengandung tinggi vitamin A yang dapat menjaga kekebalan tubuh, serta mempertajam penglihatan Anda yang jelas menguntungkan.

Asparagus

Sup asparagus adalah hidangan yang nikmat dikonsumsi menjelang puasa. Asparagus mengandung 40% protein, vitamin K, hingga mencukupi kebutuhan zat besi Anda. Asparagus sangat nikmat dimakan bersama telur orak-arik, yang pastinya menggugah selera Anda. Nah, saat sahur pertama, Anda mungkin memilih menu hidangan ini yang kaya rasa.

Alpukat

Jus alpukat cocok sekali untuk melepas dahaga Anda di tengah cuaca panas yang terik begini. Buah berdaging hijau muda ini mengandung beragam nutrisi menyehatkan. Termasuk sarat dengan lemak baik, vitamin C, vitamin A, zat besi, vitamin B-6, tinggi serat dan banyak lagi.

Blueberry

Di sela kesibukan bekerja, Anda bisa ngemil semangkuk kecil blueberry. ya, buah ini tinggi antioksidan, khususnya asam galat. Ada juga kandungan senyawa kuat, sebagai agen neuroprotektif untuk menjaga kesehatan otak. Seseorang yang gemar makan blueberry otomatis ingatannya tetap tajam dan terhindar dari risiko alzheimer di usia tua.

Brokoli

Brokoli merupakan sayuran serbaguna yang enak diolah menjadi masakan apapun. Brokoli enak dikukus, dipanggang, atau ditumis. Kalau Anda makan semangkuk brokoli, akan mendapatkan asupan vitamin C yang tinggi. Fungsinya ideal untuk mencegah flu dan penyakit infeksi lainnya yang umum menyerang Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Tips Agar Tubuh Bugar Saat Berpuasa Ketika Ketinggalan Sahur

Kacang polong

Kacang polong merupakan makanan yang mengandung sumber protein, serat, dan banyak vitamin dan mineral. Kacang polong biasanya disantap menjadi topping pizzat, salah atau sup sayuran. Anda bisa menyediakan stok kacang polong di rumah yang enak diolah menjadi hidangan menu sahur atau buka puasa paling favorit.

Peterseli

Daun peterseli sangat populer dihidangkan dalam masakan Amerika, Eropa, dan Timur Tengah. Peterseli biasa disajikan sebagai hiasan atau untuk menambah rasa pada resep makanan. Perlu Anda tahu, daun ini merupakan sumber antioksidan dan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan menjelang Ramadan.

(Png – sisidunia.com)