Home » Gaya Hidup » Beberapa Penyebab Kenaikan Bobot Saat Berpuasa

Beberapa Penyebab Kenaikan Bobot Saat Berpuasa



Jakarta – Mau tidak mau tubuh dipaksa untuk menahan lapar dan haus, ketika saat Anda berpuasa. Ini dilakukan sebagai upaya ibadah kepada Allah SWT.

Beberapa Penyebab Kenaikan Bobot Saat Berpuasa

Beberapa Penyebab Kenaikan Bobot Saat Berpuasa

Namun, berpuasa menjadi cara untuk detoksifikasi tubuh dari radikal bebas yang jahat, jika dilihat dari sisi kesehatan. Dengan berpuasa, tubuh Anda juga mengeluarkan toksin jahat yang mungkin sudah lama bersarang di dalam tubuh.

Tapi, ada hal lain yang kadang terjadi pada mereka yang berpuasa. Adalah berat badan malah naik. Pernyataan ini tentunya menjadi pertanyaan banyak orang. Bagaimana bisa, saat Anda menghentikan asupan makanan dan minuman dalam waktu tertentu, Anda malah mengalami kenaikan berat tubuh.

Ada 5 masalah yang bisa menjadi penyebab utama kenaikan bobot tubuh saat Anda berpuasa

1. Balas dendam saat berbuka!

Siapa yang tidak melakukan ini? Banyak dari Anda yang mungkin begitu lahap menyantap makanan dan minuman saat berbuka puasa. Kondisi ini pun biasanya terasa bergelora saat menjalani puasa di minggu pertama. Nah, tahukah Anda makan berlebihan saat berbuka puasa menjadi salah satu biang keladi masalah ini. So, usahakan untuk tetap makan seimbang dan jangan berlebihan, ya.

2. Makan manis berlebihan

Ini yang menjadi masalah banyak orang. Terlebih mereka yang masih muda. Makanan paling nikmat disantap saat berbuka puasa memang maknan manis. Nah, makanan ini yang biasanya dikonsumsi berlebihan dan secara tidak langsung, makanan manis ini menjadi sumber kenaika bobot tubuh. Siapa yang setelah minum es buah, Anda makan kolak, lalu kurma, lalu kue-kue lainnya yang manis? Stop doing that, ya!

3. Pola makan keliru

Bukan sekadar makan banyak, saat Anda berbuka dan sahur, kadang Anda lupa untuk mempertimbangkan kalori makanan tersebut. Karbonya dibanyakin, buahnya kurang banget. Kesalahpahaman pola makan ini yang akhirnya menggangu bobot tubuh Anda. So, tetap memerhatikan apa yang mau Anda makan.

Baca juga : Agnez Mo Berharap Masyarakat Indonesia Dapat Mengedepankan Rasa Tolenransi

4. Malas berolahraga

Percaya kan jika kerjaannya hanya makan dan tidur bisa bikin badan Anda gemuk? Sadar tidak kalau saat berpuasa, Anda melakukan ini? Agar tetap terjaga kesehatannya, Anda harus tetap berolahraga dan istirahatnya cukup. Dengan kecukupan aktivitas fisik, maka tubuh Anda tetap vit juga saat menjalani puasa.

5. Langsung tidur setelah sahur

Hayo ngaku siapa yang suka begini? Kebiasaan ini buruk, lho, untuk tubuh Anda. Sebab, proses pencernaan makanan menjadi tidak maksimal. Alhasil, lemak akan menumpuk dan membuat perut atau tubuh Anda gemuk. Penerapan nutrisi yang tidak maksimal ini juga yang membuat Anda gampang sakit!

(Png – sisidunia.com)