Home » News » Mainkan Musik Metal, Band Berisi 3 Gadis Berhijab Ini Tuai Cibiran

Mainkan Musik Metal, Band Berisi 3 Gadis Berhijab Ini Tuai Cibiran



Garut – Setelah video penampilan mereka menyita perhatian ratusan ribu netizen, Voice of Baceprot viral. Band yang beranggotakan Firdda Kurnia (vokal dan gitar), Euis Siti Aisyah (drum), dan Widi Rahmawati (bas) itu terbentuk pada 14 Februari 2014 dari kegiatan ekstrakurikuler di MTS Al Baqiyatussolihat, Garut, Jawa Barat. Awalnya 15 siswa merancang sebuah drama musikal, lalu membentuk band. Seiring waktu, jumlah ini terkikis menjadi 7 dan kini hanya tersisa 3 orang.

Mainkan Musik Metal, Band Berisi 3 Gadis Berhijab Ini Tuai Cibiran

Mainkan Musik Metal, Band Berisi 3 Gadis Berhijab Ini Tuai Cibiran

“Kami bertahan, membentuk Voice of Baceprot ini. Kami melanjutkan sekolah di SMA yang sama. Kali pertama mendengar musik rok metal, rasanya enak dan kami jatuh cinta,” terang Firdda.

Mendapat tentangan banyak pihak, dengan keputusan tiga siswi ini mengusung musik rok metal. Tak hanya teman sekolah dan tetangga, orang tua Firdda, Siti, dan Widi pun menentang saat putri mereka bermain musik.

“Banyak yang menentang bahkan orang tua tidak mengizinkan. Alasannya kami perempuan, sering latihan musik di sekolah hingga sore. Mereka menilai musik identik dengan kegiatan negatif. Tetangga bilang, ‘Anak perempuan baru pulang sekolah sore, habis main dari mana?'” Firdda menyambung obrolan.

Siti menambahkan, “Di sekolah banyak yang nyinyir begini, ‘Berhijab kok, main musik? Itu, kan musik setan!’ Menurut saya, hijab itu identitas kami sebagai muslimah, sementara musik rok metal hanyalah genre musik. Itu dua hal yang berbeda.”

Baca juga : Pengacara Belum Tahu Alasan Detail Istri Sule Ajukan Gugatan Cerai

Dukungan orang tua baru didapat setelah mereka tampil di program Dahsyat RCTI. Bagi orang tua, pencapaian tertinggi musisi daerah adalah saat masuk ke televisi nasional. Melalui Voice of Baceprot, ketiga cewek ini ingin mematahkan stigma yang menyebut musik rok metal dekat dengan dunia gelap dan cowok ugal-ugalan. Musik metal bisa punya citra baik.

Pekan ini, Voice of Baceprot memperkenalkan single anyar “School Revolution.” “Single ini merupakan kritik terhadap sistem pendidikan di Indonesia. Lagu ini ungkapan isi hati sebagai pelajar yang terus mencari jati diri di sekolah,” pungkas Siti.

(Png – sisidunia.com)