Home » Gaya Hidup » Berikut 4 Fakta Tentang Uban Yang Perlu Diketahui

Berikut 4 Fakta Tentang Uban Yang Perlu Diketahui



Jakarta – Banyak orang yang kesal dengan uban. Munculnya rambut putih itu kerap dibenci lantaran menunjukkan usia yang semakin tua.

Berikut 4 Fakta Tentang Uban Yang Perlu Diketahui

Ilustrasi

Padahal munculnya uban bisa ditandai oleh sejumlah faktor. Meliputi merokok, stres, gaya hidup tak sehat, merupakan beberapa di antaranya yang dapat mempercepat pertumbuhan uban di kepala kita.

Baca juga : Ini Efek Buruk Jika Banyak Meminum Lemon

Bukan jadi hal yang mengherankan, jika banyak orang berusaha untuk mencabut atau mewarnai uban supaya tak mengganggu penampilan. Padahal sebelum melakukan kedua hal itu, kamu perlu mengetahui sejumlah fakta tentang uban.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut empat fakta uban yang perlu kamu tahu.

Banyak yang tidak tahu sebenarnya akar rambut memiliki warnanya putih atau abu-abu. Barulah kemudian warna hitam, cokelat, kemerahan atau pirang didapat dari pigmen melanin yang memberinya warna seiring pertumbuhannya.

Namun karena pertambahan usia, sel-sel yang memproduksi melanin perlahan-lahan mati dan tumbuhlah rambut dalam warna aslinya yaitu keputihan, silver atau abu-abu.

Merokok, stres, pola makan yang buruk, serta munculnya penyakit tertentu mampu membuat uban bertumbuh lebih cepat. Jadi sangat penting untuk menjaga gaya hidup sehat, ini diperlukan agar penundaan penuaan.

Salah satu penyebab utama penuaan dini adalah kurangnya asupan vitamin B12. Jadi pastikan kebutuhan vitamin ini tercukupi setiap hari.

Banyak mitos yang berkembang jika mencabut uban maka akan membuat uban tumbuh lebih banyak, namun hal itu tidak benar. Karena sebenarnya adalah setiap folikel hanya menghasilkan satu rambut.

Jadi, saat Anda mencabut satu rambut, maka folikel yang lain tidak akan menghasilkan uban.

Fakta yang terakhir tidak bisa lagi dipungkiri, uban tumbuh karena faktor usia. Hal ini karena ketika Anda bertambah tua maka sel penghasil pigmen rambut akan mati dan membuat uban muncul.

(Png – sisidunia.com)