Home » Gaya Hidup » Beberapa Tanda Tubuh Kelebihan Kafein

Beberapa Tanda Tubuh Kelebihan Kafein



Jakarta – Sebelum beraktivitas di pagi hari atau saat lembur di malam hari, sebagian orang mengandalkan kopi sebagai pembangkit mood dan energi. Kafein pada kopi memang memiliki efek stimulasi otak yang membuat badan terasa segar. Tapi jika sudah ketergantungan, kafein bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Beberapa Tanda Tubuh Kelebihan Kafein

Beberapa Tanda Tubuh Kelebihan Kafein

Nah, seperti dikutip dari Dazzling News, ini tanda-tanda seseorang kecanduan kafein. Apa saja itu? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Mulut Kering

Jika Anda minum kopi dalam jumlah besar, selain menyebabkan mulut kering, mulut Anda juga akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Hal ini terjadi karena kopi membuat mukosa menjadi kering, yang mengarah ke akumulasi bakteri berbahaya. Tentu itu tidak menyenangkan, bukan? Pilihan yang lebih baik ialah minum air putih atau teh herbal.

2. Mineral

Jika Anda minum banyak kopi setiap hari, Anda sebaiknya melakukan tes darah secara teratur. Bahkan jika Anda makan banyak makanan bergizi dan minum suplemen khusus, Anda mungkin mengalami kesulitan menyerap mineral yang cukup dari diet Anda. Bisa dipastikan ini karena kopi.

Ya, kopi mempengaruhi penyerapan zat besi dalam perut Anda dan juga ginjal yang biasa untuk menyerap kalsium, magnesium, zinc dan banyak mineral yang lebih penting.

Baca juga : Beberapa Cara Untuk Cegah Anak Dari Malaria

3. Kelelahan

Seperti yang Anda ketahui, kopi menstimulasi pencernaan Anda dan memproses makanan dari organisme dengan cara yang lebih cepat. Namun, dengan cara ini organisme Anda tidak dapat menyerap nutrisi dengan cepat, sehingga membuat Anda merasa lelah.

Jika Anda tidak mendapatkan cukup nutrisi, organisme Anda akan menjadi lebih lemah dan kurang kebal.

4. Gelisah

Sedikit kafein dapat membuat Anda lebih energik, tetapi terlalu banyak kafein justru membuat Anda mengalami kesulitan berkonsentrasi dan bahkan Anda berisiko depresi. Semua hal buruk ini adalah konsekuensi dari jumlah kafein yang berlebihan.

Jadi jika Anda hanya minum satu atau dua cangkir di siang hari maka Anda tidak perlu khawatir. Semuanya akan baik-baik saja jika dilakukan dalam jumlah sedang.

(Png – sisidunia.com)