Home » Gaya Hidup » Tomat Ternyata Bisa Untuk Melawan Kanker

Tomat Ternyata Bisa Untuk Melawan Kanker



Jakarta – Tomat mejadi salah satu makanan yang disukai banyak orang. Banyak manfaatnya didapatkan jika sering mengonsumsi buah ini.

Tomat Ternyata Bisa Untuk Melawan Kanker

Tomat

Ahli nutrisi menganjurkan Anda untuk konsumsi tomat dalam keadaan matang. Sebab, kandungan likopen dan antioksidannya akan bermanfaat saat dicerna.

Baca juga : Inilah Beberapa Manfaat Lemon Bagi Kulit Wajah

Tomat juga mengandung 95% air, 5% lainnya dari tomat mengandung karbohidrat dan 1% protein dan lemak. Serat dalam tomat juga sebesar 80%. Buah juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik seperti folat, kalium, vitamin K1 dan vitamin C. Tomat juga kaya beta karoten yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Anda harus tahu manfaat dari mengonsumsi makan tomat setiap hari. Dilansir Boldsky, Kamis (26/4/2018), berikut adalah 7 manfaatnya supaya Anda lebih giat makan tomat.

Melawan kanker

Tomat kaya akan likopen yang dapat mengontrol pertumbuhan sel kanker, terutama di usus besar, payudara dan paru-paru. Antioksidan dari tomat juga menghentikan reaksi karsinogenik. Dengan sering mengonsumsi tomat, Anda bisa membantu mencegah kanker dalam jangka panjang.

Jantung lebih sehat

Buah tomat rendah kolesterol tinggi dan serat yang baik. Selain itu, ada kandungan potasium yang dapat melawan penyakit jantung. Sejak kecil, biasakan anak untuk makan tomat matang atau mentah. Nantinya saat dewasa akan mendapatkan manfaat tersebut yang lebih baik.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Tomat dikenal mengandung likopen dan asam klorogenik. Manfaatnya dapat menurunkan tingkat tekanan darah tinggi, sehingga dapat mencegah hipertensi. Perempuan atau laki-laki disarankan untuk makan tomat, karena manfaatnya dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi yang membahayakan.

Melawan peradangan

Produksi radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan peradangan. Peradangan lanjutan dapat menyebabkan aterosklerosis, osteoporosis, alzheimer dan penyakit Kardiovaskular. Kandungan likopen dan beta-karoten dalam biji tomat membantu menghilangkan radikal bebas ini, sehingga mencegah penyakit apapun yang berisiko.

Memperbaiki sistem pencernaan

Kandungan serat yang hadir dalam tomat dapat mengatur gerak peristaltik otot-otot pencernaan. Manfaatnya baik untuk mencegah sembelit dan gerakan usus yang baik. Anda harus selalu mengonsumsinya agar sistem pencernaan lebih nyaman.

(Png – sisidunia.com)