Home » Otomotif » Simak, Cara Mudah Mengatasi Klakson Motor Yang Mati

Simak, Cara Mudah Mengatasi Klakson Motor Yang Mati



Jakarta – Baik itu roda dua, roda empat bahkan kereta, klakson merupakan suatu part di kendaraan yang sangat vital untuk memberikan informasi kepada pengguna lain berupa suara.

Simak, Cara Mudah Mengatasi Klakson Motor Yang Mati

Simak, Cara Mudah Mengatasi Klakson Motor Yang Mati

Jika klakson mati, maka sering kali kita curiga bahwa part klakson lah yang rusak tetapi nyatanya itu semua belum tentu benar.

Klakson adalah spare part yang sangat tergantung kepada Aki, ketika Aki dalam keadaan lemah maka Klakson pun juga bakal lemah atau bahkan tidak bersuara sama sekali.

Cobalah cek tegangan Aki motor, Aki sepeda motor dinyatakan baik jika tegangan Aki sebesar 12 volt dan jika kurang maka cobalah untuk mengecass Aki sepeda motor terlebih dahulu, untuk langkah pertama.

Catatan : Aki jelek bisa di cek menggunakan Multitester, jika tegangan hanya 6 volt, lebih baik di ganti aki dengan yang baru.

Jika aki normal, maka lanjut ke langkah kedua yaitu dengan cara mengecek klakson assy. Cara ini biasanya dengan cara mengganti klakson lawas dengan klakson yang baru atau pinjam klakson teman (rata-rata klakson satu pabrikan itu sama).

Masih saja tidak bunyi ? ini langkah paling akhir dan ini langkah yang paling susah karena anda harus membongkar cover-cover sepeda motor anda untuk memeriksa kabel Klakson.

Terkadang kabel klakson ada yang terkelupas (saya pernah menemukan sepeda motor konsumen yang kabel klaksonnya di makan tikus).

Baca juga : Inilah Video Ciuman Syahnaz dan Jeje Yang Mendapat Cibiran Netizen

Saya memiliki saran untuk ini, cobalah dengan menyambungkan kabel lagi dan solasi kabel dengan solasi yang tebal hingga kabel tidak terlihat atau kalau mau aman lagi solasi di beri obat pengusir tikus.

Jadi intinya di setiap permasalah sepeda motor carilah permasalahan dari yang paling simpel dan tidak banyak tenaga, jika masih belum ketemu maka lakukan langkah-langkah lainnya, itulah trik mengatasi klakson mati.

(Png – sisidunia.com)