Home » News » Polisi Tangkap Pejual Miras Oplosan Yang Menewaskan 3 Orang

Polisi Tangkap Pejual Miras Oplosan Yang Menewaskan 3 Orang



Surabaya – 3 penjual miras, yang menyebabkan tiga warga asal Surabaya tewas berhasil diamankan polisi. Tiga orang yang diamankan yakni KS (59), GS (47) dan S (54).

Polisi Tangkap Pejual Miras Oplosan Yang Menewaskan 3 Orang

Ilustrasi

Polisi sebelumnya memeriksa tiga saksi SN (50), WH (38), GD (53). Mereka merupakan teman tiga korban tewas saat pesta miras di Pacar Keling Gang 4 Kelurahan Pacar Keling, Tambaksari. Dari mereka, polisi mengetahui keberadaan para penjual miras.

Baca juga : Terjadi Bom Bunuh Diri di Kabul, 31 Orang Tewas

KS (59) yang diduga penjual miras eceran diamankan di kawasan Oro-Oro 1 No 26 Pacar Keling Tambaksari, Surabaya. Sementara GS (47) yang juga berjualan di Pacar Kembang 3 No 70 turut diamankan. Sedangkan S (54) yang berperan sebagai peracik miras juga diamankan di tempat tinggalnya di Bulak Setro Utara No 15.

“Setelah kami mendengar adanya korban meninggal, kami segera melakukan pengusutan. Kami telah menemukan penjual minuman keras yang membuat tiga orang meninggal dunia,” kata Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan kepada wartawan, di halaman mapolrestabes, Senin (23/4/2018) dini hari.

“Setelah kami amankan peracik di kawasan Kenjeran, ternyata cara pembuatannya cukup simpel. Dengan mencampurkan alkohol 95 persen yang diperoleh dari toko kimia dengan alasan untuk membuat makanan. Kemudian Alkohol tersebut dicampur dengan air putih sulingan dan ditakar dalam botol kemasan 600 mililiter,” jelas Rudi.

Setelah dikemas, jelas Rudi, peracik kemudian menjual ke pengecer dengan harga Rp 25 ribu. Dan dijual kembali oleh pengecer kepada konsumen seharga Rp 50 ribu.

“Itulah yang diminum oleh ketiga korban yang dicampur dengan bir,” kata Rudi.

Kini penjual dan peracik minuman oplosan yang menjual miras hingga 3 orang tewas diamankan. Mereka akan dijadikan tersangka.

“Kemungkinan ketiga orang yang sebagai penjual dan peracik akan kami jadikan tersangka,” ujar Rudi.

Dari tangan ketiga penjual dan peracik, polisi amankan barang bukti berupa 274 botol minuman miras oplosan siap jual, peralatan untuk mengoplos miras, tiga drum plastik bahan kimia jenis alkohol putih diduga bahan miras oplosan.

Ketiga tersangka tersebut dijerat dengan Pasal 204 ayat (1) dan (2) KUHP dan atau Pasal 140 dan atau Pasal 141 atau Pasal 142 UURI No 18 Tahun 2012 tentang pangan dengan ancaman 20 tahun penjara.

(Png – sisidunia.com)