Home » Gaya Hidup » Akibat Bahaya Konsumsi Asam Folat Berlebihan

Akibat Bahaya Konsumsi Asam Folat Berlebihan



Jakarta – Asam folat adalah sahabat sehari-hari, bagi ibu hamil atau yang sedang merencanakan kehamilan. Namun, konsumsi asam folat tak perlu banyak-banyak. Jika tidak sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh malah membahayakan.

Akibat Bahaya Konsumsi Asam Folat Berlebihan

Akibat Bahaya Konsumsi Asam Folat Berlebihan

Kadar asam folat yang diperlukan tubuh berbeda-beda sesuai dengan usia. Berikut penjelasannya:

4-8 tahun: 200 mcg dengan batas toleransi 400 mcg

9-13 tahun: 300 mcg dengan batas toleransi 600 mcg

Remaja: Batas toleransi 800

Ibu hamil: 800 mcg

Asam folat dapat memberikan banyak manfaat jika dikonsumsi secara tepat. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, maka akan memberikan dampak buruk pada tubuh dengan menunjukkan bermacam reaksi sebagai berikut:

– Terasa sensasi seperti rasa logam di mulut.

– Perubahan sikap seperti mudah tersinggung atau menjadi hiperaktif.

– Tubuh merasakan gejala mati rasa.

Baca juga : Barcelona Juara Copa Del Rey Setelah Kalahkan Sevilla

– Salah satu dampak kelebihan asam folat adalah kadar vitamin B12 yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat terserap sempurna.

– Jika vitamin B12 secara terus-menerus tidak terserap, maka tubuh akan memberikan gejala mati rasa dengan gejala awal sering kesemutan.

– Jika kandungan asam folat meningkat di dalam darah dan penyerapannya tinggi ke dalam tubuh, maka dapat memicu peningkatan tekanan darah atau hipertensi.

– Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa ibu hamil dengan kadar asam folat tinggi memiliki kemungkinan dua kali lebih besar melahirkan anak dengan autisme, dibandingkan dengan ibu yang memiliki kadar asam folat normal.

(Png – sisidunia.com)