Home » News » Luar Biasa, Swedia Lengkapi Jalanannya Untuk Ngecas Mobil Listrik

Luar Biasa, Swedia Lengkapi Jalanannya Untuk Ngecas Mobil Listrik



Rosersberg – Untuk pengisian baterai mobil listrik, Negara Eropa berlomba-lomba menyediakan infrastruktur. Otoritas transportasi Swedia baru saja membangun jalan yang bisa mengisi baterai kendaraan listrik.

Luar Biasa, Swedia Lengkapi Jalanannya Untuk Ngecas Mobil Listrik

Proyek jalan untuk pengisian mobil listrik

Dikutip dari New Atlas, Rabu (18/4/2018), pemerintah Swedia menyediakan track atau jalur khusus kendaraan listrik sepanjang 2 km. Dengan rute terminal kargo di Stockholm Arlanda airport hingga Rosersberg.

Baca juga : Jangan Anggap Remeh, Uang Receh Bisa Hasilkan Tabungan Puluhan Juta

Track atau jalur yang disapa eRoadArlanda ini tercipta layaknya sebuah rel yang dialiri tenaga listrik pada permukaan jalan. Agar kendaraan listrik bisa mengecas di jalan, ada semacam lengan kontak yang tergantung di bawah mobil.

Selanjutnya dikatakan, jika pengguna mobil listrik semakin banyak, infrastruktur akan dilengkapi dengan stasiun pengisian baterai yang lebih umum dan lebih maju. Bahkan salah satu rencana besarnya akan ada sistem isi ulang baterai secara otomatis saat bepergian, seperti jalur pengisian nirkabel atau Siemens ‘eHighways yang menggunakan kabel di atas mobilnya.

Pada proyek eRoadArlanda, dikatakan listrik dihasilkan dari dua trek paralel di jalan dimasukkan ke dalam kendaraan melalui lengan yang menempel di bagian bawah mobil. Bahaya tidak ya? Tenang, sistem membuat lengan pengisi itu bisa ditarik, dan terhubung ke sensor yang memberitahukannya untuk hanya menjulur ketika berada di atas rel. Jika mobil perlu menyalip atau mematikan daya listrik, lengan bisa terlipat secara otomatis.

Selanjutnya, teknologi ini juga dirancang dengan beberapa langkah untuk melindungi manusia dan hewan yang mungkin melintasinya. Seperti lintasan track yang ditanam di dalam aspal untuk mencegah goncangan, dengan konduktor yang terkubur lebih dalam.

Sistem ini juga dijamin akan tetap aman ketika hujan atau musim dingin tiba. Karena sistem drainase ditempatkan di sepanjang lintasan, dan lengan kontak telah dirancang untuk mendorong air keluar dari jalan atau kerikil, batu dan rintangan kecil lainnya.

Kini pemerintah Swedia pun berencana untuk menambah rute track khusus mobil listrik ini hingga 20.000 km dengan menghabiskan dana USD 9,5 miliar.

(Png – sisidunia.com)