Home » News » Benarkah Muntah Usai Tenggak Miras Bertanda Aman Dari Racun ?

Benarkah Muntah Usai Tenggak Miras Bertanda Aman Dari Racun ?



Jakarta – Berbagai macam reaksi dapat ditimbulkan dari alkohol yang ada di minuman keras (miras), mulai dari mabuk hingga tak sadarkan diri. Karena dosis alkohol yang tidak tepat, miras oplosan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Benarkah Muntah Usai Tenggak Miras Bertanda Aman Dari Racun ?

Ilustrasi

Banyak orang yang mengalami muntah saat mabuk. Dan beberapa orang berpikir bahwa muntah setelah mabuk itu pertanda bahwa alkohol yang sudah ditenggak keluar dan tubuh kembali segar. Benarkah demikian?

Baca juga : Setubuhi 10 Anak Di Bawah Umur, Guru Tari Jaranan Diamankan Polisi

Ahli saluran pencernaan, dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH mengatakan bahwa hal tersebut tidak lah benar saat ditemui di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

“Nggak juga. Kalau orang teler terus muntah, bangun nggak dia? Tandanya dia sudah mulai sadar, karena dia enek kan,” ujarnya, Senin (16/4/2018).

Muntah setelah meminum alkohol menandakan kesadarannya mulai kembali. Namun, efek kronis pada berbagai organ penting di dalam tubuhnya tidak hilang begitu saja.

“Efek kronisnya tetap ada, kan sudah keserap. Kalau dia tidak sadar berarti sudah keserap ke pembuluh darah. Kalau dia teler berarti sudah masuk ke darah,” jelas dokter yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran UI ini.

Efek kronis dapat terasa pada saluran penceranaan, mulai dari rongga mulut hingga usus. Liver pun tidak terlepas dari bahaya, bahkan bisa menyebabkan sirosis hati.

“Terjadi suatu peradangan pada liver, jadi kronis, penciutan, dan sampai terjadi kanker liver,” tandasnya.

(Png – sisidunia.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*