Home » Gaya Hidup » Manfaat Yoga Tak Sekedar Untuk Menenangkan Pikiran

Manfaat Yoga Tak Sekedar Untuk Menenangkan Pikiran



Jakarta – Terkadang badan lemas memang sering tak terhindarkan. Penyebabnya bisa dipengaruhi oleh bermacam hal.

Manfaat Yoga Tak Sekedar Untuk Menenangkan Pikiran

Manfaat Yoga Tak Sekedar Untuk Menenangkan Pikiran

Badan bisa lemas karena faktor makanan, kualitas tidur, intensitas berolahraga, gangguan kesehatan, depresi, dan banyak lagi. Kondisi ini bisa menurunkan produktivitas Anda, apa pun penyebabnya. Salah satu cara untuk menyingkirkan rasa lemas ini adalah dengan melakukan yoga.

Untuk menenangkan pikiran, banyak orang menganggap yoga identik dengan meditasi bermanfaat. Padahal, manfaat yoga bagi semua usia, lebih dari itu. Menurut dr. Karin Wiradarma, pose-pose yoga bisa bermanfaat untuk melatih pernapasan, keseimbangan, memberikan efek relaksasi, dan menjaga stamina. Semua manfaat ini akan makin terasa jika Anda rutin melakukannya.

Banyak orang merasa lebih energik dan segar setelah selesai sesi yoga karena energi yang terkumpul. Berbagai pose yoga diyakini mampu meningkatkan fungsi jantung dan paru, sehingga organ-organ tersebut dapat bekerja lebih efisien.

Hasilnya, Anda pun memiliki stamina yang prima dan badan jadi tak mudah lemas.

Studi tentang yoga dan kaitannya dengan peningkatan energi

Berlatih sesi singkat Hatha yoga dan meditasi kesadaran dapat secara signifikan meningkatkan fungsi otak dan energi, menurut studi 2017 dari Universitas Waterloo, Kanada.

Secara spesifik, studi ini menemukan bahwa berlatih Hatha yoga selama 25 menit atau meditasi kesadaran setiap hari bisa meningkatkan fungsi eksekutif otak.

Selain itu berguna juga untuk kemampuan kognitif yang terkait dengan perilaku meraih suatu tujuan, dan kemampuan mengontrol respons emosional spontan yang berakar dari kebiasaan.

Sebanyak 31 orang partisipan dibagi dalam tiga grup secara acak, menyelesaikan 25 menit sesi Hatha yoga, 25 menit meditasi kesadaran, dan 25 menit membaca.

Hasilnya, partisipan yang melakukan Hatha yoga dan meditasi kesadaran mengalami peningkatkan fungsi eksekutif secara signifikan dibandingkan partisipan yang hanya membaca.

Studi ini juga menemukan bahwa Hatha yoga dan meditasi kesadaran sama-sama efektif dalam meningkatkan energi. Meski begitu, Hatha yoga bekerja lebih efektif dibandingkan dengan meditasi kesadaran.

Menurut Kimberly Luu, penulis studi tersebut seperti dilansir di laman Science Daily, ada beberapa teori mengapa aktivitas fisik seperti yoga dapat meningkatkan energi.

Mulai dari dilepaskannya endorfin, peningkatan aliran darah ke otak, dan berkurangnya pikiran ruminatif. Pikiran ruminatif adalah aktivitas mengeluarkan ingatan secara sadar akan suatu kejadian buruk untuk dicerna, dipelajari, dan disimpan lagi di ingatan.

Meski demikian, teori-teori tersebut hanyalah asumsi yang harus diteliti lebih lanjut.

(Png – sisidunia.com)