Home » News » Puting Beliung Terjang Tulung Agung, Ratusan Rumah Rusak

Puting Beliung Terjang Tulung Agung, Ratusan Rumah Rusak



Jakarta – Tiga kecamatan di Kabupaten Tulungagung diterjang angin puting beliung pada Minggu (8/4/2018) sore. Angin outing beliung itu mengakibatkan 164 rumah dan satu fasilitas MCK rusak.

Puting Beliung Terjang Tulung Agung, Ratusan Rumah Rusak

Rumah rusak yang diakibatkan puting beliung

Data sementara yang dihimpun dari jajaran Polsek di Polres Tulungagung, kerusakan paling parah terjadi di Kecamatan Sumbergempol. Sebanyak lima desa yang diterjang angin keras ini, yaitu Desa Doroampel, Desa Wonorejo, Desa Junjung, Desa Tambakrejo, dan Desa Bendiljati Kulon.

Baca juga : Foto, Anjing Hasil Percampuran Ras Ini Mendadak Jadi Selebgram

Di Desa Doroampel sebuah rumah rusak tertimpa pohon tumbang. Sedangkan 15 rumah lainnya rusak di bagian genteng dan atap asbes.

Desa Wonorejo 19 rumah rusak, di Desa Junjung 15 rumah rusak dan dua pohon tumbang, di Desa Bendiljatikulon 50 rumah rusak dan di Desa Tambakrejo 15 rumah rusak. Selain itu dua warga, Nasrotin dan Sugiantun mengalami luka dan sempat mendapatkan perawatan medis.

Di Kecamatan Gondang puting beliung merusak 19 rumah rusak dan satu fasilitas MCK. Semua kerusakan terjadi di Desa Godosuli. Sedangkan fasilitas MCK yang rusak berada di Dusun Cluwok, Desa Gondosuli.

Angin kencang ini juga merobohkan dua pohon mahoni di desa Dukuh, dan tiga pohon mahoni di Desa Kendal. Di Dusun Kandenan, Desa Karangrejo, Kecamatan Boyolangu angin puting beliung merusak 31 rumah.

Koordinator Rescue, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulungagung, M Khotib mengatakan, pendataan belum final. Saat ini BPBD dan pihak terkait masih melakukan assesment untuk memetakan kerusakan.

“Karena ternyata kerusakannya meluas. Data kerusakan masih terus bertambah,” ucap Khotib.

BPBD secepatnya melakukan finalisasi data. Sebab data ini menentukan bantuan yang akan diberikan kepada warga.

(Png – sisidunia.com)