Home » Gaya Hidup » Sering Bertanda Apa Mata Sering Kedutan ?

Sering Bertanda Apa Mata Sering Kedutan ?



Jakarta – Sering kali terjadi tanpa kita sadari mata kedutan. Sekalinya terjadi, pasti kita abaikan tanpa mempedulikan apa yang sebenarnya terjadi. Lantas, apa yang semestinya kita lakukan kalau mata kedutan?

Sering Bertanda Apa Mata Sering Kedutan ?

Sering Bertanda Apa Mata Sering Kedutan ?

Mata kedutan umumnya ditandai dengan spasme atau pergerakan pada kelopak mata, yang dapat muncul baik pada kelopak mata atas maupun bawah. Sering kali kedutan datang secara tiba-tiba dan bisa bertahan hingga jangka waktu tertentu. Sebagian orang dapat merasakan ketika matanya berkedut. Sedangkan sebagian yang lain hanya merasakan pergerakan yang terlalu kecil atau terlalu sedikit untuk disadari.

Mata kedutan dapat terjadi karena beragam sebab. Kenali lebih dalam mengenai kondisi-kondisi apa yang dapat membuat mata kedutan. Selain itu Anda mengetahui cara penanganannya, serta kapan mata kedutan merupakan sebuah gejala kondisi medis yang serius.

1. Sedang mengalami stres

Kebanyakan penyebab kedutan mata secara tiba-tiba bukanlah hal yang berbahaya, dan dapat ditangani dengan mudah. Salah satu penyebabnya adalah stres. Memang tidak semua orang yang mengalami stres akan mengalami mata kedutan. Sedangkan bagi beberapa orang, stres bisa memicu kondisi tersebut.

Jika Anda mengalami mata kedutan yang diakibatkan stres, lakukan relaksasi. Anda bisa memilih melakukan latihan teknik pernapasan, yoga, melakukan hobi, menghabiskan waktu dengan teman-teman atau keluarga, dan sebagainya. Jadi Anda tidak harus pergi ke dokter.

2. Kelelahan

Mata kedutan juga bisa disebabkan kelelahan, baik karena kurang tidur, atau sebab-sebab lainnya. Untuk mengatasinya, cobalah bersantai atau luangkan waktu untuk tidur lebih banyak. Kelelahan yang spesifik pada mata juga dapat memicu kedutan. Kondisi tersebut dapat diakaibatkan oleh gangguan penglihatan yang membutuhkan kacamata atau perubahan ukuran lensa kacamata.

3. Penggunaan alat-alat elektronik

Penggunaan alat-alat elektronik, misalnya komputer, TV, tablet, atau smartphone secara berlebihan juga dapat menyebabkan kelelahan pada mata. Untuk mencegah terjadinya kondisi ini, terapkan aturan “20-20-20”, yaitu mengalihkan pandangan dari layar setiap 20 menit, mengistirahatkan mata dengan melihat benda sejauh minimal 20 kaki (kurang lebih 6 meter) selama 20 detik.

Baca juga : Rahasia Ha Ji Won Jadi Aktris Termahal

4. Kafein

Konsumsi kafein juga bisa menyebabkan mata kedutan. Oleh karena itu, cobalah untuk hindari atau kurangi konsumsi kopi, teh, coklat, minuman bersoda, dan lain-lain. Minuman lain yang juga diketahui dapat menyebabkan kedutan adalah minuman beralkohol. Jika Anda mengonsumsinya, pertimbangkan untuk berhenti.

5. Mata kering

Pemicu lain mata kedutan adalah kondisi mata yang kering. Hal ini bisa terjadi secara normal pada orang di atas usia 50 tahun. Mereka yang rutin menggunakan komputer atau laptop juga mengalami kondisi ini. Mata kedutan juga dapat terjadi pada mereka yang mengonsumsi obat-obatan tertentu (seperti antihistamin dan antidepresan), menggunakan lensa kontak dan kelelahan. Jika Anda mengalami kondisi mata kering, ada baiknya Anda memeriksakan mata ke dokter.

(Png – sisidunia.com)