Home » Gaya Hidup » Berikut Dampak Jika Mengonsumsi Makanan Berpengawet Dalam Jangka Panjang

Berikut Dampak Jika Mengonsumsi Makanan Berpengawet Dalam Jangka Panjang



Jakarta – Banyak makanan kemasan menggunakan pengawet yang aman dikonsumsi. Namun, jika keseringan konsumsi, bisa menimbulkan dampak serius bagi kesehatan.

Berikut Dampak Jika Mengonsumsi Makanan Berpengawet Dalam Jangka Panjang

Ilustrasi

Setiap orang pasti pernah konsumsi makanan berpengawet jenis apapun. Termasuk jajanan kemasan, mi instan, makanan kalengan, makanan olahan pabrik yang dibekukan, permen, sayuran dan buah impor, serta masih banyak lainnya.

Baca juga : Awas, Ada Bahaya Kesehatan Yang Mengintai Dibalik Bau Badan

Meski dalam waktu singkat pengawet makanan tidak timbulkan efek samping, jangan dulu merasa bebas. Hal itu bisa memicu dampak jangka panjang yang sebabkan penyakit kronis.

Dilansir Livestrong, ini dia lima alasan mengapa pengawet makanan bisa jadi berbahaya. Berikut ulasannya lebih lanjut ya!

Kesulitan bernapas

Salah satu efek berbahaya dari pengawet dalam makanan yakni berpotensi untuk membuat seseorang sulit bernapas. Menurut Mayoclinic, penderita asma tidak boleh mengonsumsi makanan berpengawet sedikitpun. Jenisnya seperti aspartam, sulfit, benzoat, dan pewarna kuning nomor lima, karena sebagai pengawet yang dapat menyumbat pernapasan pasien asma.

Perubahan perilaku

Efek berbahaya lainnya dari pengawet makanan yakni bisa menyebabkan perubahan perilaku, terutama pada anak-anak. Menurut Archives of Disease in Children, dalam studi double-blind tahun 2003, dari 1.873 anak-anak yang konsumsi makanan dengan tambahan bahan pengawet dapat memicu hiperaktif. Karena itu, dalam memberikan makanan untuk kehidupan sehari-hari, jauhkan anak dari segala macam pengawet makanan.

Kerusakan jantung

Studi jaringan jantung yang ditinjau oleh InChem telah menunjukkan, bahwa pengawet makanan dapat melemahkan jaringan jantung. Menurut penelitian laboratorium, tikus yang mengonsumsi pengawet makanan, menunjukkan gejala tingkat kerusakan jantung dari waktu ke waktu.

Bisa kena kanker

Salah satu efek berbahaya yang paling serius dari bahan pengawet makanan, yakni berubah menjadi karsinogenik. Zat yang menyebarkan virus kanker ke tubuh biasa da dalam nitrit dan nitrat. Jika berinteraksi dengan lambung, bisa sebabkan kenaikan asam dan membantu virus jahat berkembang biak.

(Png – sisidunia.com)