Home » News » Warganet Indonesia, Malaysia dan Singapura Kesal Terhadap Masalah “Rendang Renyah”

Warganet Indonesia, Malaysia dan Singapura Kesal Terhadap Masalah “Rendang Renyah”



Jakarta – Setelah juri menilai masakan rendang ayam dalam nasi lemak yang disajikannya “kurang renyah”, warganet dari Indonesia, Malaysia dan Singapura ramai-ramai membela kontestan Zaleha Olpin yang tersingkir dari kontes memasak Masterchef Inggris.

Warganet Indonesia, Malaysia dan Singapura Kesal Terhadap Masalah "Rendang Renyah"

Warganet Indonesia, Malaysia dan Singapura Kesal Terhadap Masalah “Rendang Renyah”

Zaleha yang berdomisili di Bristol, Inggris memasak rendang ayam dan nasi lemak yang merupakan masakan tradisional Malaysia pada babak perempat final kontes memasak produksi BBC itu. Pada babak tersebut, para peserta diminta untuk menyajikan masakan yang penting bagi mereka.

Namun, saat Zaleha menyajikan rendang ayam buatannya, juri John Torode dan Gregg Wallace tidak terkesan.

“Saya suka rasa rendang, ada rasa manis dari kelapa, namun kulit ayamnya tidak renyah, tidak bisa dimakan. Semua saus ada di kulit, saya tidak bisa makan, ” kata Wallace sebagaimana dikutip dari The Star, Kamis (4/4/2018).

Sementara Torode, seorang koki asal Australia mengatakan, Zoleha kurang lama memasak rendangnya, sehingga ayamnya menjadi keras.

Komentar kedua juri itu segera memicu reaksi dari warganet, tidak hanya dari Malaysia, asal hidangan nasi lemak dan rendang ayam, tetapi juga Indonesia dan Singapura yang memiliki masakan tradisional yang sama, terutama rendang.

Karena warganet yang marah menyerang para juri yang tidak tahu bagaimana rendang ayam pedas seharusnya dimasak, tagar “Masterchef UK” dan “rendanggate” menjadi tren di Twitter. Karena tidak seperti ayam goreng, rendang ayam tidak semestinya renyah.

“Jangan beri tahu kami cara memasak hidangan yang berasal dari bagian dunia ini ketika Anda tidak tahu apa-apa,” kata penulis Anis Ibrahim melalui Twitter sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (4/4/2018).

“Ayam rendang tidak pernah renyah.”

“Ini pelanggaran kesucian !! Malaysia, Indonesia dan Singapura akan kecewa dengan ini. Tidak pernah dalam sejarah kita ada rendang ayam kita yang pernah “renyah”,” tulis Iman Tanita al Ghul seorang warganet di Twitter.

Sementara beberapa warganet lain menilai Wallace dan Torode tidak pantas menjadi juri karena tidak memiliki pengetahuan mengenai masakan Asia.

Respons Torode di Twitter justru semakin menambah kesal warganet Malaysia dengan mengatakan bahwa rendang berasal dari Indonesia.

“Mungkin Rendang itu masakan Indonesia !! Saya suka ini !! Brilian betapa bersemangatnya Anda semua… Namaste, ” tulis Torode. Cuitan Torode itu terdengar sarkastik, tidak hanya karena “namaste” merupakan salam dari India tetapi juga karena rendang dari Indonesia pun tidak ada yang renyah.

Baca juga : Pemeran Betty La Fea Masih Cantik Meskipun Usianya Tidak Muda

Tidak hanya warganet yang berkomentar mengenai masalah “rendang renyah” ini, Komisioner Tinggi Inggris untuk Malaysia, Vicki Treadell pun turut bicara. Melalui cuitannya di Twitter, Vicki turut menklarifikasi bahwa rendang Malaysia bukanlah hidangan yang seharusnya disajikan renyah.

“(Rendang) tidak pernah #garing & jangan keliru dengan #ayamgoreng yang kadang disajikan dengan #nasilemak,” cuitnya.

Bahkan, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak pun ikut berkomentar. “Mana ada orang makan rendang ayam ‘crispy’? #MalaysianFood,” komentar Najib di Twitter. Menteri Luar Negeri Dato Sri Anifah Aman juga tidak mau ketinggalan berkomentar mengenai hal ini.

Zaleha sendiri mengatakan akan terus menggunakan cara tradisionalnya dalam memasak rendang dan tidak akan pernah mengubahnya demi apa pun.

(Png – sisidunia.com)