Home » Otomotif » Tips Otomotif, Penggunaan Rem Tangan Saat Macet Kurang Tepat

Tips Otomotif, Penggunaan Rem Tangan Saat Macet Kurang Tepat



Jakarta – Ketika mobil berada di jalanan macet, kebanyakan pengemudi menggunakan rem tangan atau rem parkir. Padahal, cara tersebut kurang tepat, lantaran rem tangan hanya difungsikan untuk menahan mobil saat parkir.

Tips Otomotif, Penggunaan Rem Tangan Saat Macet Kurang Tepat

Ilustrasi

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana jika macet terjadi di jalan menanjak?

Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengatakan, rem tangan bisa diaktifkan untuk mencegah mobil mundur saat tarikan awal di tanjakan.

Baca juga : Catat, Bersihkan Kaca Film Cukup Pakai Air

“Kalau di tanjakan kita enggak bisa sesuaikan gas dan kopling, ya boleh saja minta bantuan parking brake. Tetapi, lain kali harus coba hanya dengan service brake (rem kaki) saja,” kata Sony dalam acara Suzuki Safety Driving Course 2018 di Sentul, Rabu 28 Maret 2018.

Rem tangan, kata Sony, hanya untuk membantu menahan mobil agar tidak turun. Sebisa mungkin, pengemudi berlatih hanya mengandalkan rem kaki saat macet di jalan menanjak maupun rata.

Dia mengatakan, untuk pengguna mobil transmisi otomatis, jika dalam kondisi menanjak mobil berhenti lebih dari 10 detik, sebaiknya tuas transmisi di posiskan di netral, dan gerak mobil tetap harus ditahan menggunakan rem kaki.

“Kalau berhenti di tanjakan lebih dari 10 detik, sebaiknya posisi tuas transmisi otomatis dipindahkan ke N. Kemudian, rem kaki diinjak. Buat saya, enggak ada alasan capek, karena kita memutuskan untuk mengemudi. Maka, sudah harus bertanggung jawab atas kendaraan serta keselamatan seluruh penumpang,” tuturnya.

(Png – sisidunia.com)