Home » Hiburan » Jokowi Berikan Tanggapan Ini Usai Nonton Film Yo Wis Ben

Jokowi Berikan Tanggapan Ini Usai Nonton Film Yo Wis Ben



Malang – Film nasional mengalami pertumbuhan yang sangat baik, dalam dua tahun terakhir ini.

Jokowi Berikan Tanggapan Ini Usai Nonton Film Yo Wis Ben

Jokowi Berikan Tanggapan Ini Usai Nonton Film Yo Wis Ben

Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya jumlah bioskop dan juga jumlah penonton.

Ini disampaikan Presiden Joko Widodo setelah menyaksikan film “Yowis Ben” di bioskop di salah satu mal di Kota Malang, Rabu (28/3) malam.

“Saya kira loncatan yang bagus dalam dua tahun ini,” ucap Presiden dengan nama beken Jokowi.

Namun demikian, peningkatan jumlah bisokop dan pembuatan film tidak diiringi dengan peningkatan jumlah kru pembuat film.

“Saya mendapatkan kabar bahwa pembuatan film ini kekurangan kru. Kru film kurang ini sesuatu yang bagus tapi juga harus kita isi kekurangan-kekurangan yang ada,” lanjutnya.

Kekurangan kru film ini menurutnya merupakan kabar yang baik karena membuka lapangan pekerjaan.

Namun di sisi lain, kekosongan itu harus segera terisi, salah satunya adalah melalui tenaga terampil yang dihasilkan oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

“Jurusan yang berkaitan dengan perfilman itu ada kurang lebih 120 SMK, tapi baru diperbaiki atau direvitalisasi 18 SMK. Perlu perbaikan sarana prasarana, meng-update guru-guru yang ada. Sehingga kekurangan kru di dalam perbuatan film betul-betul kita isi,” katanya.

Oleh karenanya untuk mempercepat revitalisasi SMK tersebut presiden telah memerintahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyelesaikannya.

Baca juga : Selain Adem, Kaca Film Membuat Mobil Lebih Irit

Jumlah penonton pada tahun 2017 sebanyak 42,7 juta penonton, meningkat dibandingkan tahun 2016 yang mencapai 37,2 juta penonton, berdasarkan data yang dilaporkan situs Katalog Film Indonesia (KFI).

Menurut data KFI, jumlah layar bioskop di Indonesia meningkat pesat dalam lima tahun terakhir. Sudah ada 263 gedung bioskop dengan total layar sebanyak 1.412, hingga Desember 2017.

Jumlah layar pada akhir 2017 meningkat hingga 2,3 kali lipat dibanding pada penghujung 2012 di mana terdapat 145 gedung bioskop dengan total layar sebanyak 609.

(Png – sisidunia.com)