Home » News » Warga Desa Ketakutan Melihat Macan Jawa Masuki Area Persawahan

Warga Desa Ketakutan Melihat Macan Jawa Masuki Area Persawahan



Brebes – Sedang ketar-ketir warga Desa Kebandungan dan Sindangwangi di Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes. Penyebabnya adalah macan tutul jawa yang berkeliaran di dekat permukiman penduduk.

Warga Desa Ketakutan Melihat Macan Jawa Masuki Area Persawahan

Warga Desa Ketakutan Melihat Macan Jawa Masuki Area Persawahan

Satwa langka itu sudah beberapa hari terakhir ini terlihat di area persawahan dan ladang warga. Akibatnya, warga di dua desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tegal itu waswas dan ketakutan.

Sejumlah warga mengaku sudah melihat macan tutul jawa, Kapolsek Bantarkawung Iptu Hasari mengatakan. Namun, dia mewanti-wanti warga agar selalu berkoordinasi dengan pejabat dan instansi terkait untuk melakukan tindakan selanjutnya.

“Warga dan pemuda dari dua desa kami ajak ronda malam untuk menjaga situasi dari berbagai kemungkinan. Ini untuk menghindari segala kemungkinan, setelah kemunculan macan tutul yang turun ke pemukiman warga,” kata Hasari.

Dia mengakui, warga memang menjadi cemas dengan kemunculan macan tutul jawa itu. Warga tak hanya mengkhawatirkan keselamatan mereka, tapi juga hewan-hewan ternak.

Baca juga : Syahrini Mendapat Kritikan Media Asing Terkait Posenya di Holocaust

Hanya saja Hasari justru mengimbau warga tidak asal tangkap dan memburu satwa yang dilindungi itu. Menurutnya, Polsek Bantarkawung sudah menggencarkan patroli di siang hari.

“Warga yang melihatnya jangan mengganggunya. Karena selama ini pun tidak ada gangguan dari hewan buas, baik kepada manusia ataupun ternak warga,” ujarnya seraya berharap agar Pemkab Brebes segera bertindak demi mempertahankan macan tutul jawa itu tetap di habitatnya.

Macan tutul jawa itu beberapa kali terlihat warga, sebelumnya. Ada yang sempat memotretnya dan mengunggahnya ke media sosial.

(Png – sisidunia.com)