Home » Otomotif » Tak Perlu Mahal, Bahan Sederhana Ini Bisa Usir Karat di Mobil

Tak Perlu Mahal, Bahan Sederhana Ini Bisa Usir Karat di Mobil



Jakarta – Sangat oenting mengetahui cara menghilangkan karat pada mobil, agar penampilan dan performa mobil tetap dalam kondisi yang baik. Karena body dan sasis mobil terbuat dari logam, akan sangat rentan terhadap munculnya karat.

Tak Perlu Mahal, Bahan Sederhana Ini Bisa Usir Karat di Mobil

Ilustrasi

Jika karat menggerogoti mobil, maka mobil akan terlihat rapuh. Untuk itu, demi menjaga mobil dari karat merupakan salah satu rangkaian perawatan mobil yang harus dilakukan.

Baca juga : Tips Otomotif, Cara Membuat Kaca Mobil Tetap Kinclong

Menghilangkan karat pada mobil prinsipnya sama dengan menghilangkan karat pada logam/ benda-benda di rumah kita. Menghilangkan karat sebenarnya tidak sulit. Dengan cara sederhana, Anda pun bisa menggunakan berbagai bahan-bahan yang sudah ada di rumah.

1. Cuka

Cara menghilangkan karat pada bagian bagian mobil cukup mudah, tinggal menggunakan sikat dan lap khusus lalu cuka tersebut dicampurkan sedikit air. Asam, khususnya asam sitrat atau asam asetat, adalah zat yang ampuh menghilangkan karat. Jika bagian mobil yang berakarat bisa dibongkar Anda hanya perlu merendam bagian yang berkarat dengan air cuka selama 1-2 hari. Jika karat masih ada perendaman mesti dilakukan lebih lama, sehingga asam mendapat lebih banyak kesempatan untuk melakukan tugasnya.

2. Lemon

Selama ini Lemon atau jeruk nipis bekerja sangat baik untuk menghilangkan noda pada pakaian, namun selain untuk pakaian lemon juga ternyata efektif untuk menghilangkan karat pada logam jika dibiarkan bekerja untuk waktu yang cukup lama. Taburkan garam di atas bagian yang berkarat, rendam dengan lemon atau jeruk nipis, dan kemudian kikis dengan bola penggosok alumunium.

3. Baking Soda

Bila tidak ada cuka atau lemon, Anda bisa gunakan Baking soda sebagai bahan lain untuk menetralisir karat di mobil Anda. Baking soda sangat efektif untuk membersihkan karat di mobil. Caranya dengan menyikat bagian yang berkarat menggunakan sikat atau lap khusus yang sudah direndam dalam baking soda.

(Png – sisidunia.com)