Home » Otomotif » Tips, Handgrip Aluminium Pada Motor Membahayakan Pengendara

Tips, Handgrip Aluminium Pada Motor Membahayakan Pengendara



Jakarta – Biasanya berbahan dasar karet, semua pegangan atau handgrip setang asli sepeda motor. Namun, cukup sering ditemui biker yang mengganti handgrip original dengan yang berbahan metal atau aluminium.

Tips, Handgrip Aluminium Pada Motor Membahayakan Pengendara

Tips, Handgrip Aluminium Pada Motor Membahayakan Pengendara

Cukup mudah memang menemukan handgrip jenis ini di toko-toko aksesori motor. Dalam hal penampilan, lebih menarik, karena punya beragam warna-warna yang mencolok, handgrip jenis ini memang lebih unggul.

Tetapi, Instruktur dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menilai handgrip jenis ini relatif berbahaya karena tidak bisa menyerap keringat dari telapak tangan. Belum lagi ketika telapak tangan bercampur keringat atau berkendara saat hujan. Permukaan handgrip bakal licin, sehingga berpotensi membuat pengendara kesulitan mengendalikan buka tutup gas, sesuai kebutuhan.

“Jadi penggunaan handgrip seperti ini bisa memperburuk situasi ketika tangan pengendara berkeringat dan basah,” kata Jusri.

Baca juga : Lebih Mudah, Pengguna Smartphone Kini Bisa Mengetik Lewat Suara

Penggunaan handgrip berbahan alumium sah-sah saja untuk motor yang diikutsertakan di ajang kontes modifikasi. Namun Jusri menganjurkan jangan dipakai untuk motor yang dipakai di jalan raya. Untuk motor harian, pengguna disarankan tetap memakai handgrip asli yang berbahan karet.

“Handgrip alumium kalau untuk estetika sah-sah saja. Tapi untuk pengunaan motor harian sama sekali mengabaikan aspek safety dan kenyamanan,” ujar Jusri.

(Png – sisidunia.com)