Home » Gaya Hidup » Merasa Kecanduan Media Sosial ? Begini Cara Mengatasinya

Merasa Kecanduan Media Sosial ? Begini Cara Mengatasinya



Jakarta – Hati-hati itu menjadi tanda kamu sudah kecanduan sosmed, bagi kamu yang merasa aneh jika tidak membuka sosial media dalam hitungan jam atau malah betah mengakses sosmed dalam durasi yang lama.

Merasa Kecanduan Media Sosial ? Begini Cara Mengatasinya

Merasa Kecanduan Media Sosial ? Begini Cara Mengatasinya

Tidak ada yang bisa menyangkal, sosial media memang punya daya tarik tersendiri untuk diakses, usia tua ataupun anak muda seakan sudah lekat dengan kehidupan dunia maya, baik mencari informasi penting ataupun hanya men-stalking akun orang lain.

Menurut Nathan Driskell, seorang terapis di Houston, Texas, AS, ketergantungan media sosial lebih parah dari alkohol atau narkoba karena lebih menarik dan tidak ada stigma di belakangnya.

Kalau sudah parah begini, bagaimana cara mengatasi kecanduan sosial media? Berikut ulasan yang dirangkum dari beberapa media.

Perlahan tapi Pasti

Jangan terlalu memaksakan diri untuk berhenti dari kecanduan media sosial dalam satu hari. Biarkan diri kamu secara bertahap mengurangi kebiasaan mengecek akun media sosial. Tahan godaan untuk sekedar mengecek postingan orang lain. Kalau kamu sudah niat untuk berhenti kecanduan, pasti kamu bisa perlahan berhenti kecanduan bermain media sosial.

Tujuan Memakai Media Sosial

Agar menggunakan media sosial bukan cuma dijadikan ajang pamer, lebih baik kamu menggunakannya untuk hal yang lebih bermanfaat. Caranya dengan menentukan tujuan awal kamu menggunakan media sosial, entah itu untuk membuat bisnis online atau sekadar berinteraksi dengan teman lamamu. Kalau kamu sudah menentukan tujuan memakai media sosial yakin kamu tidak akan mengalami kecanduan media sosial.

Baca juga : Via Vallen Tak Rela De Gea Lepas Jersey MU

Beri Batasan

Setelah kamu menentukan tujuan bermain media sosial, untuk mengatasi kecanduan kamu harus membatasi waktu untuk menggunakannya. Misalnya, cukup 3 jam dalam sehari. Itu pun setelah kamu menyelesaikan semua tugas kuliah, pekerjaan rumah ataupun pekerjaan kantor.

Alihkan dengan Kegiatan Lain

Untuk mengatasi kecanduan menggunakan media sosial, kamu bisa mengalihkan diri kamu dengan kegiatan lain. Seperti olahraga di luar rumah atau melakukan hobi lainnya bersama temanmu. Kalau kamu cuma memainkan smartphone hingga berjam-jam, itu akan membuatmu tergantung pada teknologi dan kurang bersosialisasi. Tanpa kamu sadari, kamu tidak punya banyak teman karena terlalu asik hidup dalam dunia maya.

(Png – sisidunia.com)